Peran Evaluasi Formatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.63822/8t7k4h35Keywords:
Evaluasi Formatif, Pembelajaran Digital, Kualitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran evaluasi formatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Era digital telah mengubah paradigma pembelajaran tradisional menuju pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis teknologi. Evaluasi formatif sebagai bagian integral dari proses pembelajaran memiliki peran strategis dalam memberikan umpan balik berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai literatur terkait evaluasi formatif dan pembelajaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi formatif memiliki peran signifikan dalam memberikan umpan balik real-time kepada peserta didik dan pendidik, meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar, memfasilitasi pembelajaran yang dipersonalisasi, dan mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21. Implementasi evaluasi formatif di era digital dapat dilakukan melalui berbagai platform teknologi seperti Learning Management System (LMS), aplikasi mobile learning, dan tools penilaian digital lainnya.
References
Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report Of Biology Education, 2(1).
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1).
Alfiah, P., Rahma, A., & Mufidah, V. N. (2025). Implementasi Teknologi Digital Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 110–120.
Anggraini, D., & Wahyu, S. (2023). Pembelajaran adaptif berbasis evaluasi formatif digital: Studi kasus di sekolah menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 145–160.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1). https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ardiansyah, D., & Trihantoyo, S. (2023). Peningkatan Kompetensi Digital Guru dalam Mewujudkan Inovasi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(4).
Auna, H. S. A., & Hamzah, N. (2024). Studi Perspektif Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Penerapan Chatgpt. Hinef : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.37792/hinef.v3i1.1160
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Mudarrusuna, 10(2).
Daud Rante, H., & Paul Irvine, O. (2023). Implementasi Ai Sebagai Pendukung Dalam Pembelajaran Di Era Digital. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja , 3(3).
Ekaningtyas, N. L. D. (2022). Psikologi Dalam Dunia Pendidikan. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(01). https://doi.org/10.53977/ps.v2i01.526
Fauzi, A. (2022). Evaluasi keterampilan abad ke-21 melalui assessment digital. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(4), 301–315.
Fitrah, M., & Ruslan, R. (2020). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.639
Gushevinalti, G., Suminar, P., & Sunaryanto, H. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi Di Era Konvergensi Media. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01). https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2069
Hartono, B. (2023). Evaluasi holistik dalam pembelajaran digital. Jurnal Pendidikan Komprehensif, 11(1), 67–81.
Hassim, R. A. (2017). Pengaruh Pengetahuan Tentang Hukum Lingkungan Dan Penilaian Atas Regulasi Pemerintah Terhadap Partisipasi Pelaku Industri Dalam Mengelola Kawasan Industri Di Kota Singkawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 11(2). https://doi.org/10.21009/plpb.112.04
Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1). https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628
Jenyana, I. M. R. (2022). Pembelajaran Yang Berdiferensiasi. Inovasi Jurnal Guru, 8(17).
Kadarisman, M. (2019). Efektivitas Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi di Kota Depok. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 16(1). https://doi.org/10.31113/jia.v16i1.202
Kamaliahi, L. (2025). Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 12(2), 746–757.
Kartika, M., & Sari, D. P. (2023). Gamifikasi dalam evaluasi formatif: Meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 16(3), 198–213.
Kasypul Anwar, M. Y. (2025). Pembelajaran Deep Learning Dapat Meningkatkan Penilaian Formatif Dan Sumatif Pada Tingkat Smp Kota Banjarmasin. Berajah Journal :Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 615–624.
Kurniawan, M. W., & Zarnita, Y. (2020). Pembelajaran daring dalam pendidikan profesi guru: Dampak dan kendala yang dihadapi. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2). https://doi.org/10.22219/jppg.v1i2.12440
Laila M.K, P. Z. (2014). Peran Penilaian Formatif terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa, Sebuah Tinjauan Pustaka. Syifa’ MEDIKA: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 5(1). https://doi.org/10.32502/sm.v5i1.1424
Lembong, J., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Hambatan Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMP Negeri 2 Tombatu. Jurnal Sinestesia, 13(2).
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Maharani, S., & Kristin, F. (2021). Dampak umpan balik real-time terhadap motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 17(4), 245–260.
Mardianah, L., & Susanti, A. I. (2025). E-Portofolio Sebagai Evaluasi Penilaian Berkelanjutan Berbasis Kompetensi Dalam Kurikulum Pendidikan Kebidanan : Literatur Review. 8, 43–59.
Marzuki, I., Soraya, F., Pascasarjana, P., Pendidikan, M., Islam, A., & Muhammadiyah, U. (2024). Transformasi Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Society. Tadarus Tarbawy:Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 6(2), 167–179.
Misnawati, Junari, Dopu Teibang, Ilham, L. (2025). Evaluasi Hasil Asesmen Melalui Pemberian Umpan Balik dalam Tes Formatif sebagai Tolak Ukur Hasil Belajar Siswa. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(2), 2236–2242.
Model, P., Ipa, P., Masalah, B., Meningkatkan, U., Belajar, M., Berpikir, D. A. N., & Smp, S. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Ipa Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa Smp. Journal of Primary Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/jpe.v1i1.58
Nasution, H. (2021). Transformasi pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 19(3), 134–149.
Nyoman Kanca, I., Ginaya, G., Nyoman, N., Astuti, S., & Negeri Bali, P. (2021). Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah secara Daring pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Pariwisata. Proceedings, 5(Senarilip V).
Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alternatif Penilaian Formatif dalam Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. (2021). Jurnal Dunia Pendidikan. https://doi.org/10.55057/jdpd.2021.3.4.18
Pingge, H. D. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Prima Edukasia, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6458
Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran oleh Guru SMK Di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p033
Putri, A. (2022). Game-based assessment: Meningkatkan keterlibatan siswa. Jurnal Game Edukasi, 9(2), 145–160.
Rahman, F., & Putri, S. (2021). Platform digital untuk evaluasi formatif. Technology in Education, 11(3), 167–182.
Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1). https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287
Rosmini, H., Ningsih, N., Murni, M., Adiyono, A., Stit, I., Rusyd, T., Grogot, K., & Timur, I. (2024). Transformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Era Digital: Strategi Administrasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Pertama. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1).
Salam, A. (2022). Real-time feedback dalam pembelajaran digital. Interactive Learning Journal, 8(4), 234–249.
Salma, D. A., & Ulil Albab, C. (2023). Strategi Konten TikTok @jpradarsemarang dalam Meningkatkan Engagement. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 5(2). https://doi.org/10.24076/pikma.v5i2.1002
Sari, D., & Wahyuni, E. (2020). Evaluasi formatif dalam meningkatkan pembelajaran. Jurnal Evaluasi Pembelajaran, 14(2), 78–92.
Setiawan, M., Lumenta, A. S. ., & Tulenan, V. (2016). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 5 no 4(4).
Setyanti, D., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Penerapan Model Peer Authentic Assessment Untuk Melatih Critical Thinking Skill Mahasiswa Angkatan Tahun 2016 Pada Mata Kuliah Manajemen Program Diklat. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p121
Sugiarto, I., Hasnah, S., Annas, A. N., Sundari, S., & Dhaniswara, E. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligences (AI) Pada Sekolah Kedinasan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.O. Journal Of Social Science Research, 3(5).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Alfabeta.
Supriadi, N.-, Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42. https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1). https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Susilowati, Y., Hutagaol, P., Pasaribu, B., & Djohar, S. (2013). Pengaruh Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia terhadap Peningkatan Kinerja Organisasi di Industri Otomotif di Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 12(1).
Taufik, A. (2025). Integrasi Gamifikasi dalam Evaluasi Formatif untuk Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. EDUNOVA: Journal of Education and Innovation Advancement, 1(1), 16–21.
Wardani, K. (2021). Adaptive learning melalui analisis data pembelajaran. Adaptive Education Technology, 5(4), 267–282.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran : Merancang Pengalaman Pembelajaran Yang Inovatif dan Efektif (Vol. 1, Issue 4).
Widodo, S. (2022). Perbedaan evaluasi formatif dan sumatif dalam konteks digital. Assessment Differentiation, 8(1), 56–71.
Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.273
Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118
Yulaichah, S., Mariana, N., & Puspita, A. M. I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Membangun Budaya Kelas di Sekolah Anuban Khon Kaen, Thailand. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3644
Yuliyanto, R., Pujiati, P., Suroto, S., & Maydiantoro, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5(1). https://doi.org/10.23960/e3j/v5i1.74-84
Yustiasari Liriwati, F. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61
Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.310
Zainiyati, H. S. (2010). Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Putra Media Nusantara Surabaya & IAIN PRESS Sunan Ampel.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Neti Saekoko, Saniria Benu, Ivony Welchristin Adelis Oematan, Hemi Damnosel Bara Pa (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.