Evaluasi Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Barbara Green Winslet Bessie IAKN Kupang Author
  • Claudina Margarida Freitas Belo IAKN Kupang Author
  • Salomi Poko IAKN Kupang Author
  • Hemi Damnosel Bara Pa IAKN Kupang Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/cfyzt016

Keywords:

Efektivitas, Evaluasi, Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA, berfokus pada pengembangan keterampilan abad ke-21, peningkatan motivasi siswa, pemahaman konsep, dan pengembangan karakter Pendidikan Agama Kristen (PAK), serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dari berbagai sumber relevan mengenai implementasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa Pembelajaran Berbasis Proyek efektif meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan keterampilan abad ke-21 siswa. Ini juga memperdalam pemahaman konsep dan mendukung pengembangan karakter PAK. Dukungan sekolah, komitmen guru, dan partisipasi siswa menjadi pendukung utama. Meskipun ada tantangan seperti waktu dan sumber daya, Pembelajaran berbasis proyek berpotensi besar mentransformasi pembelajaran menjadi lebih aplikatif.

References

Agnes Avenia, E. P. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Systematic Literature Review. Journal of Sains Cooperative Learning and Law, 2(1), 706–712.

Agung Wibowo, Dian Armanto, & Wildansyah Lubis. (2022). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar Dengan Model CIPP. Journal of Educational Analytics, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.55927/jeda.v1i1.424

Agustina, T., & Sanjaya, F. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pokok Bahasan Transformasi Ditinjau dari Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Toi di SMK N 2 Depok. Journal Universitas Sanata Dharma, 1, 1–10. https://repository.usd.ac.id/11799/1/3424

Amin, M. ., & Romelah. (2024). Pengembangan dan Evaluasi Pembelajaran Materi Menjauhi Pergaulan Bebas Berbasis Project-Based Learning Jenjang SMA. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 3(4), 204–214. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/relinesia

Betakore, Y., & Boiliu, F. M. (2022). Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Pendidikan Agama Kristen. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4315–4324. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2819

Hasibuan, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(3), 424–431.

Hayati nupus, M. F. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Inovasi Siswa SMK. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 70–85.

Katresna, S., & Agustia, N. R. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pelajaran PAI untuk Peningkatan Pemahaman Siswa di SMK 08 Muhammadiyah Medan Pembangunan Panca Budi. Jurnal Tambusai, 8(1), 9195–9203.

Malik, S. A. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project-Based Learning ) Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas XI A SMK Negeri 1 Wewewa Barat Tahun Pelajaran 2023 / 2024 Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(04), 521–531.

Marwah. (2024). Evaluasi Teknik Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project-Based Learning ) yang Diterapkan oleh Dosen : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Edukatif, 10(2), 291–301. https://doi.org/10.37567/jie.v10i2.3350

Maulana, I. (2024). Evaluasi Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Mata Kuliah Pengenalan Pemrograman: Studi Kasus. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 21–25.

Mei, M., & Safitri, S. (2023). Efektivitas Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sman 2 Kayuagung. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri

Jakarta, 35(2), 89–101. https://doi.org/10.21009/parameter.352.02

Pratiwi, N., Ahman, E., & Disman. (2023). Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Ekonomi SMA pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(2), 143–154. https://doi.org/10.31851/neraca.v7i2.14313

Rahayu Suseno, I. (2022). Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Untuk Mendukung Pembelajaran Daring. JINOTEP (Jurnal Inov. Teknol …, 9(1), 56–67.

Rahmah., Hamida, H. R., Rohmaniyah, A., Larasati, N. J., & Prastowo, A. (2023). Analisis Evaluasi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidayah Yogyakarta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5843– 5856.

Sadrina, S. (2019). Evaluasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Di Kelas Xii Smk N 2 Meulaboh. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 78–86. https://doi.org/10.22373/crc.v3i1.4903

Taliak, J., Al Farisi, T., Sinta, R. A., Aziz, A., & Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583–589. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.876

Vhillia Novi Rostanti Purba, Wilson Simanjuntak, Taripar Aripin Samosir, Malani Simanungkalit, & Dame Taruli. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipoholon Tahun Pembelajaran 2023/2024. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 263–276. https://doi.org/10.55606/corammundo.v5i2.224

Waruwu. (2024). Membangun Komunitas Iman Virtual : Tantangan Dan. Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan, 3(November), 51–64.

Wiwita, R., & Handayani, R. (2023). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Labor Komputer. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 248–258. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.3481

Yusri, A. Z. dan D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Kalibagor. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Published

2025-07-25

How to Cite

Bessie, B. G. W., Claudina Margarida Freitas Belo, Salomi Poko, & Hemi Damnosel Bara Pa. (2025). Evaluasi Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia, 1(2), 309-320. https://doi.org/10.63822/cfyzt016