Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis  Siswa pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Yuli Trisna Lahagu Universitas Battuta Author
  • Yertitin Giawa Universitas Battuta Author
  • Kensil Eksikel Gulo Universitas Battuta Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/b4tmk215

Keywords:

Problem Based Learning, Strategi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas strategi pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analisis siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan menganalisis berbagai penelitian terkait penerapan PBL. Hasil kajian menunjukkan bahwa PBL mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dengan persentase peningkatan bervariasi antara 12,73% hingga 50%, tergantung pada konteks dan penerapannya. Selain itu, PBL juga meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam memahami dan mengaplikasikan konsep matematika pada permasalahan kontekstual. Keberhasilan penerapan PBL bergantung pada peran guru sebagai fasilitator, pengelolaan kelas, dan relevansi masalah yang diberikan. Meskipun terdapat kendala seperti waktu pembelajaran yang lebih lama dan keterbatasan pelatihan guru, PBL terbukti menjadi strategi yang efektif untuk mendorong siswa berpikir kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah. Oleh karena itu, PBL direkomendasikan sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

References

Prosiding Seminar Nasional Matematika, VII, 281-289.

Anugraheni, I. ( 2018, Januari). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14.

Fahrunisa, A. ( 2019). PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , pp. 881-890.

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021, Agustus 15 ). PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13 , 187-200.

Nabilah, A., & Syamsurizal. (2024, Maret). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP. JURNAL EDUKASI BIOLOG, X, pp. 42-48.

Septiani, A., Pujiastuti, H., & Faturrohman, M. (2022, Desember). Systematic Literature Review: Penerapan Model Problem Based Learning untuk. IV, pp. 7882 - 7893.

Zainal, N. F. (2022 , Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 3584 - 3593). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika. JURNAL BASICEDU, VI, pp. 3584 - 3593.

Published

2025-07-23

How to Cite

Yuli Trisna Lahagu, Yertitin Giawa, & Kensil Eksikel Gulo. (2025). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis  Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia, 1(2), 293-300. https://doi.org/10.63822/b4tmk215