Kualitas Guru dan Sumber Belajar: Pengaruhnya Terhadap Prestasi Siswa dan Motivasi Berprestasi dalam Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Endi Tanaem Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang Author
  • Hendrik A. E. Lao Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/mcz71155

Keywords:

Teacher quality, learning resources, achievement motivation, student performance, Christian Religious Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas guru dan sumber belajar terhadap prestasi siswa dan motivasi berprestasi dalam konteks Pendidikan Agama Kristen (PAK). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa rendahnya kualitas pengajaran dan keterbatasan sumber belajar seringkali menjadi penghambat dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Melalui pendekatan kuantitatif berdasarkan studi pustaka, penelitian ini mengkaji hubungan antara variabel-variabel tersebut secara sistematis dan kritis. Data dikumpulkan dari berbagai literatur ilmiah, jurnal bereputasi, dan buku akademik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas guru yang meliputi kompetensi pedagogik, profesional, dan spiritualitas secara signifikan mempengaruhi prestasi dan motivasi siswa. Demikian pula, sumber belajar yang variatif dan kontekstual mampu meningkatkan daya tarik dan efektivitas pembelajaran PAK. Motivasi berprestasi terbukti menjadi mediator penting yang memperkuat hubungan antara kualitas guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kualitas guru dan optimalisasi sumber belajar harus diintegrasikan dalam strategi pembelajaran PAK agar mampu menciptakan pengalaman belajar yang transformatif bagi siswa. Hasil ini memberikan kontribusi praktis bagi guru, pengambil kebijakan, dan pengembang kurikulum.

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2). https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Agustin, V., Nurlatu, E., & Tapilaha, S. R. (2025). Pendidikan Agama Kristen sebagai Sarana Pengembangan Soft Skills Siswa. Damai: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Dan Filsafat, 2(2), 95–109.

Andeka, W., Darniyanti, Y., & Saputra, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN 04 Sitiung. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(2), 193. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1179

Anjaya, C. E., Arifianto, Y. A., & ... (2021). Kecerdasan Spiritual Sebagai Dasar Terbentuknya Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen. In … dan Pendidikan …. journal.sttkerussoindonesia.ac.id. https://journal.sttkerussoindonesia.ac.id/index.php/redominate/article/download/86/50

Aulia, N. R., Shodiqoh, E. L., & Cahyaningrum, S. P. (2023). Analisis Kebijakan Kesejahteraan Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan. Basa Journal of Language & Literature, 3(1). https://doi.org/10.33474/basa.v3i1.19706

Bega, S. (2022). Penerapan Motivasi Berprestasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Metanoia, 2(1). https://doi.org/10.55962/metanoia.v2i1.35

Farida, M. C., Laia, U., & Sanja, P. R. (2024). Kompetensi Spiritual Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Iman Siswa. Inculco Journal of Christian Education, 4(1). https://doi.org/10.59404/ijce.v4i1.178

Fauzi, A., & Al-zainuri, A. (2024). Penerapan Assessment For Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Reflektif Siswa. Pendiri: Jurnal Riset Pendidikan, 1(2), 42–49. https://doi.org/10.63866/pendiri.v1i2.59

Indartiningsih, D. (2023). Kualitas Guru di Indonesia dan Korea Selatan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5). https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5409

Jalinus, N., & Ambiyar. (2018). Media dan Sumber Pembelajaran. KENCANA.

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas: Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Koebanu, D. I., Maniyeni, A., & Banamtuan, M. F. (2023). Pemanfaatan Video Animasi Kartun Berbasis Macromedia Flash 8 Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 8(1).

Koebanu, D. I., & Saingo, Y. A. (2024). Refleksi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Praktik. CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.53866/jimi.v4i1.465

Lahope, T., Hasibuan, N., Jenesa, A. G., & ... (2024). Strategi Peningkatan Kualitas Kompetensi Profesional Guru PAK Di Era Society 5.0. Sanctum Domine …. https://journal.sttni.ac.id/index.php/SDJT/article/view/277

Legi, H., & Legi, D. G. D. (2025). Kingdom Mindset: Manajemen Pendidikan Kristen Berbasis Nilai-Nilai Kerajaan Allah. Publica Indonesia Utama.

Leorince, Y. V. F., Fernando, Y. V, Bayage, A., & Laka, R. A. (2022). Kualitas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mendidik Generasi Z Di Era Digital. In Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Nduru, R. F. H., & Nome, N. (2023). Peran Soft Skill dan Hard Skill dalam Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era 5.0. Coram Mundo:Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 200–216. https://jurnal.sttarastamarngabang.ac.id/index.php/Corammundo/article/view/178

Nurhidayanto, O., Kunci, K., Sumber Belajar, M., Belajar, P., Kritis, K. B., & Inggris, K. B. (2015). Pengaruh Manajemen Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kemampuan Bahasa Inggris Sebagai Variabel Moderasi Di Amik Cipta Darma Surakarta. 54 Among Makarti, 8(15).

Nurwardani, P., Nuhamara, D., Swarsono, Mulyono, E., Evawany, Priyautama, F., & Festanto, A. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Agama Kristen. Ristekditi.

Pandie, R. D. Y., Zega, Y. K., Harefa, D., Nekin, S. M., Sapalakkai, R. S., & Sophia, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme bagi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(1). https://doi.org/10.53547/rdj.v2i1.150

Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1).

Suhariono, A. (2021). Pemanfaatan Media dan Audio Visual Dalam Penyampaian Firman Tuhan. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1). https://doi.org/10.53814/eleos.v1i1.1

Tefbana, D. M., Tari, E., & Lao, H. A. . (2022). Implikasi Pendidikan Holistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Kristen Rehobot Oebelo. Didache: Journal of Christian Education, 3(1). https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.537

Waruwu, Y., & Hulu, N. W. (2024). Membangun Komunitas Iman Virtual: Tantangan Dan Peluang Pendidikan Agama Kristen Di Masa Depan. TRANSFORMASI: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan, 3(2), 40241. https://resources.sttinti.ac.id/ojs/index.php/JT

Wati, K. A., & Jannah, M. (2021). Hubunga Antara Kejenuhan dengan Motivasi Berprestasi Pada Atlet Sepak Bola. Jurnal Psikologi, 08(03).

Wigfield, A., & Eccles, J. S. (2002). Development of Achievement Motivation. Academic Press. https://doi.org/10.5860/choice.40-1049

Wowor, V., Eunike, P., Lolinga, W., & Krisdiantoro, A. B. (2023). Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelompok Marginal Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Didache Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 4(1). https://doi.org/10.55076/didache.v4i1.133

Yudiarto, M. S., & Karo Karo, D. (2021). Dampak Gaji Terhadap Motivasi Kerja Guru Agama Kristen Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Inculco Journal of Christian Education, 1(1). https://doi.org/10.59404/ijce.v1i1.4

Published

2025-07-21

How to Cite

Tanaem, E., & Hendrik A. E. Lao. (2025). Kualitas Guru dan Sumber Belajar: Pengaruhnya Terhadap Prestasi Siswa dan Motivasi Berprestasi dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia, 1(2), 281-292. https://doi.org/10.63822/mcz71155