Studi Tinjauan Pustaka: Strategi dan Tantangan Pemanfaatan AI Generatif dalam Penulisan Akademik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.63822/6jd82a61Keywords:
AI Generatif, ChatGPT, Penulisan Akademik, Integritas Akademik, Pendidikan Tinggi, Tinjauan PustakaAbstract
Kemunculan AI generatif, khususnya ChatGPT, telah memicu disrupsi signifikan dalam lanskap pendidikan tinggi, menghadirkan potensi sekaligus tantangan dalam penulisan akademik mahasiswa. Studi tinjauan pustaka ini bertujuan untuk mensintesis literatur ilmiah terkini guna memetakan strategi pemanfaatan dan tantangan yang muncul dari penggunaan teknologi ini. Metode yang digunakan adalah analisis tematik terhadap 15 artikel ilmiah yang relevan dari tahun 2023 hingga 2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa secara strategis memanfaatkan AI sebagai asisten penulisan untuk brainstorming dan perbaikan gramatikal, serta sebagai alat bantu belajar yang personal. Namun, pemanfaatan ini diiringi oleh tantangan serius, meliputi ancaman terhadap integritas akademik, masalah akurasi informasi dan referensi fiktif, potensi penurunan keterampilan berpikir kritis, serta isu kontekstual seperti kesenjangan digital di Indonesia. Studi ini menyimpulkan bahwa AI generatif adalah alat bermata dua yang menuntut adanya transformasi fundamental dalam praktik penilaian dan perumusan kebijakan institusional yang jelas untuk memastikan pemanfaatan yang etis dan bertanggung jawab.
References
Chan, C. K. Y., & Hu, W. (2023). Students' voices on generative AI: Perceptions, benefits, and challenges in higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1), 43. https://doi.org/10.1186/s41239-023-00411-8
Cotton, D. R. E., Cotton, P. A., & Shipway, J. R. (2023). Chatting and cheating: Ensuring academic integrity in the era of ChatGPT. Innovations in Education and Teaching International, 61(2), 228-239. https://doi.org/10.1080/14703297.2023.2190148
Evangelista, E. D. L. (2025). Ensuring academic integrity in the age of ChatGPT: Rethinking exam design, assessment strategies, and ethical AI policies in higher education. Contemporary Educational Technology, 17(1), ep559. https://doi.org/10.30935/cedtech/15775
Hidayah, N., Firmansyah, L. H., Rochman, F. Y. A. R., & Satvikadewi, A. A. I. P. (2024). ChatGPT dan ancaman terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa (AWK Foucault pada Podcast GCED Isola Edu ChatGPT: Ini Respon Terbaik Dunia Pendidikan). Filosofi: Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(3), 254-261. https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i3.199
Kooli, C. (2023). Chatbots in education and research: A critical examination of ethical implications and solutions. Sustainability, 15(7), 5614. https://doi.org/10.3390/su15075614
Lang, J. C. (2024). Embracing generative AI for authentic learning. Creative Education, 15, 1-20. https://doi.org/10.4236/ce.2024.151001
Lo, C. K. (2023). What is the impact of ChatGPT on education? A rapid review of the literature. Education Sciences, 13(4), 410. https://doi.org/10.3390/educsci13040410
Oktavia, D. H., & Suseno, G. (2024). Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam pendidikan di Indonesia: Potensi dan tantangan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1680-1686. http://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.876
Rajabi, P., Taghipour, P., Cukierman, D., & Doleck, T. (2024). Unleashing ChatGPT's impact in higher education: Student and faculty perspectives. Computers in Human Behavior: Artificial Humans, 2, 100090. https://doi.org/10.1016/j.chbah.2024.100090
Rudolph, J., Tan, S., & Tan, S. (2023). ChatGPT: Bullshit spewer or the end of traditional assessments in higher education? Journal of Applied Learning & Teaching, 6(1), 342-363. https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.9
Safitri, N. A., Cheriani, & Suharman, A. (2025). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi ChatGPT dalam mendukung pembelajaran di era digital pada Program Studi Teknologi Pendidikan Semester IV Universitas Muhammadiyah Bone. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 30-34.
Supriyono, A., Lesmono, A. D., & Prihandono, T. (2024). Dampak dan tantangan pemanfaatan ChatGPT dalam pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Tinjauan literatur sistematis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 134-152. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i2.5214
Suryanti, F., & Ramadhanti, G. (2024). The use of generative AI in higher education students' writing: A systematic literature review. JEFLE (Journal of English as a Foreign Language Education), 5(1), 34-49.
Tlili, A., Shehata, B., Adarkwah, M. A., Bozkurt, A., Hickey, D. T., Huang, R., & Agyemang, B. (2023). What if the devil is my guardian angel: ChatGPT as a case study of using chatbots in education. Smart Learning Environments, 10(1), 15. https://doi.org/10.1186/s40561-023-00237-x
Van Wyk, M. M. (2024). Is ChatGPT an opportunity or a threat? Preventive strategies employed by academics related to a GenAI-based LLM at a faculty of education. Journal of Applied Learning & Teaching, 7(1), 35-45. https://doi.org/10.37074/jalt.2024.7.1.15
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hannifa Rojwa Thalib, Agus Salim Mansyur (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.