Pentingnya Pendidikan Gender dan Pencegahan KDRT di Sekolah

Authors

  • Aria Raizal Muhammad Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Author
  • Bila Syagitha Aprilia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Author
  • Marissa Fatima Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/w3q23p97

Keywords:

KDRT, Pendidikan Gender, Ketimpangan Gender

Abstract

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) merupakan masalah sosial kompleks yang berakar pada ketimpangan relasi gender yang tertanam sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis pendidikan gender di sekolah sebagai upaya preventif terhadap KDRT, serta menganalisis tantangan dan model implementasinya. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, penelitian ini menelaah literatur relevan untuk membangun argumen tentang urgensi pendidikan gender di lingkungan sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa tantangan utama terletak pada rendahnya pemahaman konsep gender di kalangan pelajar, yang diperparah oleh materi ajar dan lingkungan pendidikan yang masih bias gender sehingga melanggengkan stereotip. Sebagai solusi, penelitian ini mengusulkan pendekatan yang tidak hanya menciptakan mata pelajaran baru, melainkan mengintegrasikan nilai-nilai kesetaraan gender ke dalam kurikulum yang sudah ada, seperti PPKn, Sejarah, dan Bahasa Indonesia. Keberhasilan strategi ini harus didukung oleh tiga pilar utama: (1) inovasi bahan ajar yang bebas dari stereotip, (2) peningkatan kapasitas guru sebagai agen perubahan yang sadar gender, dan (3) penciptaan budaya sekolah yang inklusif dengan kebijakan nol toleransi terhadap kekerasan. Implementasi ini diharapkan dapat membentuk generasi yang menghargai kesetaraan, menolak kekerasan, dan mampu secara aktif mencegah KDRT dalam kehidupan mereka kelak.

References

Andriani, A. (2017). Pendekatan Gender dalam Studi Qur’an. Al-Tsiqoh: Islamic Economy and Da’wa Journal, 2(3), 31-47.

Az-Zahra, M. S., Alfarizi, V. D., Novianto, F. A., & Najili, M. H. (2024). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan melalui Pendekatan Pedagogis Henry: Analisis dan Relevansi Konseptual. EQUALITA: JURNAL STUDI GENDER DAN ANAK, 6(1).

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.

Echols, J. M., & Shadily, H. (2014). English-Indonesia dictionary. PT Gramedia Pustaka Utama.

Jannah, F. (2022). Urgensi Memahami Kesetaraan Gender bagi Guru Sekolah Dasar. Muadalah: Jurnal Studi Gender dan Anak, 10(1), 47-54. 10.18592/muadalah.v10i1.8127

Komnas Perempuan. (2020). Menemukenali Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Komnas Perempuan. Retrieved Juni 27, 2025, from https://komnasperempuan.go.id/instrumen-modul-referensi-pemantauan-detail/menem ukenali-kekerasan-dalam-rumah-tangga-kdrt

Lestari, F. A., Cahyono, B. D., & Suhendar. (2024). Penerapan Kesetaraan Gender dalam Proses Pembelajaran Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK. Journal of Education Research, 5(2), 1147-1156. 10.37985/jer.v5i2.982

Lindsey, L. L. (2015). Gender Roles: A Sociological Perspective. Taylor & Francis Group. Lips, H. M. (2013). Gender: The Basics. Routledge.

Mustofa, Karya, D. F., & Halim, A. (2021). Indonesian Students’ Perception of Gender Equity in Education. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(4), 185-196. 10.47750/pegegog.11.04.18

Saeful, A. (2019). Kesetaraan Gender dalam Dunia Pendidikan. Tarbawi, 1, 17-30.

Salsabila, I., Hasanah, A. R., Mutakin, H. I., & Lestari, T. (2024). Gender inclusiveness in student learning materials: Study of elementary school context in Indonesia. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 24(1), 27-46. 10.21831/hum.v24i1.67333

Sarmauli, Handriani, Veronika, S., & Yuverdina. (2024). Studi Gender Terhadap Ketidaksetaraan Gender di Indonesia. IJoEd: Indonesian Journal on Education, 1(2), 66-70.

Susanti, R. D. (2016). Pendidikan Sastra Sensitif Gender: Alternatif Metode Pembelajaran Sastra Berperspektif Gender untuk Jenjang Sekolah Dasar. Palastren, 8(2), 381-398.

Tue, F., Melo, R. H., Samatowa, L., & Asrul. (2024). PERAN PENDIDIKAN DALAM MENDORONG KESETARAAN GENDER DI MASYARAKAT. Jurnal Normalita, 12(3), 218-223.

Ulya, I. (2017). Internalisasi Karakter Sensitif Gender dalam Kurikulum Pendidikan. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 107-126. 10.28918/jei.v2i1.1664 World Health Organization. (2021). Violence Against Women Prevalence Estimates, 2018: Global, Regional and National Prevalence Estimates for Intimate Partner Violence Against Women and Global and Regional Prevalence Estimates for Non-partner Sexual Violence Against Women. World Health Organization.

Published

2025-07-10

How to Cite

Aria Raizal Muhammad, Bila Syagitha Aprilia, & Marissa Fatima. (2025). Pentingnya Pendidikan Gender dan Pencegahan KDRT di Sekolah. Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia, 1(2), 203-210. https://doi.org/10.63822/w3q23p97