Strategi dan Tantangan Manajemen Pendidikan Tinggi: Systematic Literature Review Menggunakan Metode PRISMA
DOI:
https://doi.org/10.63822/f1xzej69Keywords:
Manajemen Pendidikan Tinggi, Strategi kelembagaan, Tantangan Struktural, SLR, PRISMAAbstract
Pendidikan tinggi memiliki peran strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul dan meningkatkan daya saing bangsa. Namun, pengelolaan institusi pendidikan tinggi menghadapi tantangan yang semakin kompleks di era globalisasi dan disrupsi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan tantangan dalam manajemen pendidikan tinggi melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan protokol PRISMA. Dari 982 artikel yang diidentifikasi melalui lima basis data (Scopus, DOAJ, ProQuest, Google Scholar, dan SINTA), sebanyak 28 artikel terpilih untuk dianalisis berdasarkan kriteria inklusi–eksklusi. Hasil kajian menemukan bahwa strategi manajerial yang paling dominan meliputi penguatan sistem penjaminan mutu, kepemimpinan transformasional, transformasi digital, dan internasionalisasi. Sementara itu, tantangan utama yang dihadapi mencakup keterbatasan sumber daya, resistensi terhadap perubahan, birokrasi regulatif, dan kesenjangan teknologi. Studi ini menekankan pentingnya pendekatan manajemen yang adaptif, berbasis data, dan kolaboratif lintas level dalam menjawab dinamika pendidikan tinggi kontemporer. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan serta pengembangan model manajemen yang lebih kontekstual dan berkelanjutan.
References
Aung, T. N., & Khaing, S. S. (2016). Challenges of implementing e-learning in developing countries: A review. Genetic and Evolutionary Computing: Proceedings of the Ninth International Conference on Genetic and Evolutionary Computing, August 26-28, 2015, Yangon, Myanmar-Volume II 9, 405–411.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational leadership. Psychology press.
Crawford, J., Butler-Henderson, K., Rudolph, J., Malkawi, B., Glowatz, M., Burton, R., Magni, P. A., & Lam, S. (2020). COVID-19: 20 countries’ higher education intra-period digital pedagogy responses. Journal of Applied Learning & Teaching, 3(1), 1–20.
Fullan, M. (2016). The new meaning of educational change. Teachers college press.
Harvey, L., & Williams, J. (2010). Fifteen years of quality in higher education. Taylor & Francis.
Heifetz, R. A., Grashow, A., & Linsky, M. (2009). The practice of adaptive leadership: Tools and tactics for changing your organization and the world. Harvard business press.
Khozaei, F., Khozaei, Z., & Nasiri, R. (2019). Quality Assurance and Strategic Planning in Higher Education: A Comparative Study of Malaysia and the Philippines. International Journal of Educational Management, 33(3), 500–515.
Knight, J. (2018). The changing landscape of higher education internationalisation–for better or worse? In Perspectives on the internationalisation of higher education (pp. 13–19). Routledge.
Suryadarma, D., Pomeroy, J., & Rosser, A. (2020). Enhancing education quality in Indonesia: Three areas for reform.
Welch, A. (2012). The limits of regionalism in Indonesian higher education. Asian Education and Development Studies, 1(1), 24–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Rizkiyah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.