Pembelajaran Fikih dalam Kitab Matan Al-Ghayah wa At-Taqrib karya Abu Suja’
Keywords:
Pembelajaran, FiqihAbstract
Salah satu Kitab Matan Al-Ghayah wa At-Taqrib karya Syaikh Al-Qadli Abu Suja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Isfahan merupakan kitab fikih bermadzab Syafii yang popular di pesantren. Penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan ini membahas isi pembelajaran dalam kitab tersebut. Teknik analisa datanya menggunakan analisis isi dengan memilah-milah hal-hal yang sesuai dengan fokus dan tujuan penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagaimana berikut. Pertama, Kitab Matan Al-Ghayah wa At-Taqrib merupakan kitab yang enak dibaca dan mudah dicerna bagi penuntut ilmu yang baru mengenal dan memulai belajar fikih. Kedua, Kitab Matan Al-Ghayah wa At-Taqrib memuat 17 kitab, antara lain: hukum bersuci; hukum shalat; hukum zakat; hukum puasa; hukum haji; hukum jual beli, tansaksi kontrak kerja, dan lainnya: hukum waris dan wasiat; hukum perkawinan dan hal-hal yang berkaitan dengannya; hukum tindakan kriminal; macam-macam hukuman; hukum perang di jalan Allah; hukum binatang buruan dan sembelihan; hukum lomba balap dan memanah; hukum sumpah dan nadzar; hukum peradilan dan kesaksian; hukum memerdekakan hamba sahaya; dan hukum berbagai macam najis dan hukum-hukumnya.
References
Al-Ghazi, Syaikh Al-Allamah Muhammad bin Qasim. (t.t). Fathul Qarib Al-Mujib Alal Kitab Al-Musamma Bit Taqrib. Semarang: Thoha Putra.
Bungin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Sosial Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Hadi, Sutrisno. (1989). Metodologi Research Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.
Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Nazir, Moh. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rizal, Saiful. (t.t). Fikih Islam Praktis Terjemah Matan Al Ghaya Wal Taqrib. Surabaya: Penerbit Aulia.
Shofwan, Arif Muzayin. (2017). Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji: Telaah Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 2, No 4, November 2017. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i4.96
Shofwan, (2022). Pesan Al-Matubuli dalam Kitab Minahus Saniyah karya Syaikh Abdul Wahab As-Sya’rani. Spiritual Healing: Jurnal Tasawuf dan Psikoterapi, Vol. 3, No. 2, Desember 2022. https://doi.org/10.19109/sh.v3i1.13867
Shofwan, (2022). Rukun Islam Tataran Syariat dan Tarekat dalam Kitab Sirrul Asrar karya Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani. Nalar: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, Vol. 6, No. 2, Desember 2022. 104 DOI: 10.23971/njppi.v6i2.4506
Shofwan, Arif Muzayin & Gandes Nurseto. (2021). Character Building Melalui Kitab Taisirul Khallaq Fi Ilmil Akhlaq karya Syaikh Hafidz Hasan Al-Mas’udi. Raudhah: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 6, No. 2, Desember 2021. https://doi.org/10.48094/raudhah.v6i2.114
Shofwan, Arif Muzayin & Miftakhul Rohman. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susila dan Mitra Sejati. Cendekia: Media Komunikasi, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam, Vol. 14, No. 1, Maret 2022. https://doi.org/10.37850/cendekia.v14i01.221
Syaifudin, Mochamad (2022). Mengenal Kitab Ghayah wa Taqrib dan Penulisnya. Makalah, https://nursyamcentre.com, diakses 11 Desember 2024.
Zed, Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Uswatun Kasanah, Zainal Rosyadi, Muh. Mirwan Hariri, Arif Muzayin Shofwan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.