Panduan Lengkap Materi Al-Qur'an Hadis dan Fiqih MTs Kelas 7-9 Semester 1 & 2

Authors

  • M. Mukhlas Adi Putra Universitas Nurul Jadid Author
  • Hasan Nofal Universitas Nurul Jadid Author
  • M. Mahbubi Universitas Nurul Jadid Author

Keywords:

Alquran, Fiqih, MTs, Pembelajaran, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi dan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an Hadis serta Fiqih untuk kelas 7, 8, dan 9 pada semester 1 dan 2 di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Al-Qur'an, hadis, dan fiqih sebagai fondasi dalam membentuk karakter Islami yang kokoh sejak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi Al-Qur'an Hadis berfokus pada pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis-hadis pilihan yang aplikatif dalam kehidupan siswa, sementara materi fiqih lebih menekankan pada praktik ibadah sehari-hari serta pemahaman hukum Islam secara kontekstual. Guru menggunakan berbagai metode kreatif seperti ceramah, diskusi, hafalan, dan simulasi praktik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Meskipun terdapat tantangan seperti perbedaan kemampuan siswa dan keterbatasan sarana, strategi pembelajaran yang adaptif mampu mengoptimalkan hasil belajar siswa. Kesimpulannya, pembelajaran Al-Qur'an Hadis dan Fiqih di MTs Nurul Jadid berlangsung efektif dan mendukung pembentukan karakter religius siswa. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi dalam pengembangan pendidikan Islam di tingkat madrasah.

Author Biographies

  • M. Mukhlas Adi Putra, Universitas Nurul Jadid

    Universitas Nurul Jadid

  • Hasan Nofal, Universitas Nurul Jadid

    Universitas Nurul Jadid

  • M. Mahbubi, Universitas Nurul Jadid

    Universitas Nurul Jadid

References

Syamsuddin, H. (2018). Pengajaran Al-Qur'an dan Hadis pada Madrasah Tsanawiyah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 115-130.

Hasan, M. & Ismail, S. (2019). Model Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis di Madrasah Tsanawiyah: Studi Kasus di Madrasah XYZ. Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 245-261.

Fikri, A. & Nugroho, M. (2020). Inovasi Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pendidikan dan Fiqih Islam, 6(1), 99-115.

Puspitasari, I. (2020). Evaluasi Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis di Madrasah Tsanawiyah: Studi pada Kelas VII dan VIII. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 55-70.

Iqbal, M. & Aminah, H. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadis di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 3(2), 133-148.

Ahmad, S. & Malik, F. (2021). Implementasi Pembelajaran Fiqih dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 45-60.

Rahmat, I. & Arif, M. (2022). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis untuk Siswa MTs Kelas IX. Jurnal Pendidikan Islam dan Humaniora, 8(1), 185-200.

Subhan, R. & Kurnia, A. (2022). Strategi Pembelajaran Fiqih pada Madrasah Tsanawiyah dalam Menyikapi Isu Kontemporer. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 101-116.

Fatimah, Z. & Lestari, T. (2023). Model Pembelajaran Al-Qur'an Hadis untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa MTs. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Islam, 7(3), 220-233.

Hidayat, R. & Cahyadi, I. (2023). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa. Jurnal Pendidikan Islam dan Kurikulum, 9(1), 12-25.

Published

2025-01-26

How to Cite

M. Mukhlas Adi Putra, Hasan Nofal, & M. Mahbubi. (2025). Panduan Lengkap Materi Al-Qur’an Hadis dan Fiqih MTs Kelas 7-9 Semester 1 & 2. Sujud: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 1(1), 28-34. https://ojs.indopublishing.or.id/index.php/sujud/article/view/4