Aspek Aqidah Akhlak Dalam Kurikulum PAI:Dasar Pendidikan Karakter di SMP/MTs
Keywords:
Aqidah Akhlak, Kurikulum PAI, Pendidikan Karakter, MTsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi aspek Aqidah Akhlak dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai dasar pendidikan karakter di tingkat SMP/MTs, dengan fokus pada MTsN 1 Probolinggo yang berlokasi di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya penguatan pendidikan karakter di tengah krisis moral yang melanda generasi muda, di mana nilai-nilai keimanan dan akhlak sangat dibutuhkan sebagai landasan sikap dan perilaku. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek Aqidah Akhlak telah diintegrasikan secara efektif dalam proses pembelajaran melalui pendekatan kontekstual, pembiasaan ibadah, dan keteladanan guru. Nilai-nilai keimanan dan akhlak diajarkan tidak hanya secara teoritis, tetapi juga dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Meskipun terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan perlunya evaluasi karakter yang lebih menyeluruh, penerapan kurikulum PAI di MTsN 1 Probolinggo terbukti mampu membentuk karakter siswa yang religius, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan sistem pembinaan karakter dan pelatihan guru agar implementasi aspek Aqidah Akhlak semakin optimal.
References
Azra, Azyumardi. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.
Departemen Agama RI. (2003). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Hasan, Said. (2008). Pendidikan Islam dan Tantangan Zaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich, Masnur. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tilaar, H.A.R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Umar, Nasaruddin. (2004). Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Amzah.
Zamroni. (2005). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Pu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh Ifan Apriliyanto, Ahmad Nabil, M Mahbubi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.