Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Orang Dewasa

Authors

  • Arif Muzayin Shofwan Universitas Nahdlatul Ulama Author
  • Dessy Farantika Universitas Nahdlatul Ulama Author
  • Devia Purwaningrum Universitas Nahdlatul Ulama Author

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Karakter, Orang Dewasa

Abstract

Implementasi pendidikan karakter bagi orang dewasa berbeda dengan anak-anak. Penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan ini membahas implementasi pendidikan karakter bagi orang dewasa. Teknik analisa datanya menggunakan analisis isi dengan memilah-milah hal-hal yang sesuai dengan fokus dan tujuan penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan berikut.  Pertama, landasan implementasi pendidikan karakter bagi orang dewasa, antara lain: belajar dari pengalaman, tidak ada konsep menggurui, dialogis, rekonstruksi, mengungkapkan apa yang dialami, menganalisis permasalahan, menyimpulkan, dan melakukan tindakan baru yang lebih utuh. Kedua, prinsip implementasi pendidikan karakter bagi orang dewasa, antara lain: prinsip belajar berpusat pada orang dewasa, prinsip belajar menyelesaikan masalah hidup, prinsip belajar berbasis pengalaman, prinsip belajar aktif dengan melakukan sesuatu, prinsip belajar dengan cara bekerjasama, dan prinsip otentisitas dalam materi. Ketiga, implementasi pendidikan karakter bagi orang dewasa dapat menggunakan model strategi Student Centered Learning (SCL) yang telah ditawarkan para ahli pendidikan sebagaimana berikut, antara lain: small group discussion, simulasi atau demonstrasi, discovery learning (DL) dan self discovery learning (SDL), cooperative learning (CL), collaborative learning (CbL), dan problem based learning/Inquiry (PBL/I).

Author Biographies

  • Arif Muzayin Shofwan, Universitas Nahdlatul Ulama

    Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam, Universitas Nahdlatul Ulama, Blitar, Indonesia

  • Dessy Farantika, Universitas Nahdlatul Ulama

    Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam, Universitas Nahdlatul Ulama, Blitar, Indonesia

  • Devia Purwaningrum, Universitas Nahdlatul Ulama

    Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam, Universitas Nahdlatul Ulama, Blitar, Indonesia

References

Al-Farabi, Mohammad. (2018). Pendidikan Orang Dewasa dalam Al-Quran. Jakarta: Penerbit Kencana.

Budiwan, Jauhan. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Vol. 10, No. 2, Juli – Desember, 2018.

Bungin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Sosial Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Farantika, dkk., Dessy. (2023). Pembentukan Karakter bagi Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. Jurnal Bocil: Journal of Childhood Education Development and Parenting, Vol. 1, No. 1, Januari 2023. https://doi.org/10.28926/bocil.v1i1.725

Hadi, Sutrisno. (1989). Metodologi Research Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.

Hurlock, Elizabeth. (1996). Psikologi Perkembangan: Suatu Kehidupan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kartono, Kartini. (1992). Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis: Apakah Pendidikan Masih Diperlukan?. Bandung: Penerbit Mandar Maju.

Kearsley G. (2010). Andragogy (M. Knowles). The Theory Into Practice Databace. Retrieved from http://tip.psychology.org

Knowles, Malcolm S. (1976). The Modern Practice of Adult Education: Andragogy Versus Pedagogy. Chicago: Association Press.

Levinson, David J. (1997). The Season’s of a Women’s Life. New York: Ballatine.

Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Mukhlis. (2014). Pendidikan Pembebasan dalam Pandangan Mansour Fakih. Mukhrizal Arif, dkk. Pendidikan Pos Modernisme: Telaah Kritis Pemikiran Tokoh Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mueller, John. (2005). The Authentic Assesment Toolbox: Enhancing Student Learning through Online Faculty Development. Merlot: Journal of Online Learning and Teaching, Vol. 1, No. 1, July 2005.

Prawinda, dkk, Raras Ayu. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Bocil: Journal of Childhood Education Development and Parenting, Vol. 1, No. 1, Januari 2023. https://doi.org/10.28926/bocil.v1i1.733

Sailah, dkk. Illah. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud RI.

Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, Vol. 1, No.1, Nopember 2013.

Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sutrisno dan Suyadi. (2019). Desain Kurikulum Perguruan Tinggi Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tamat, Tisnowati. (1985). Dari Pedagogik Ke Andragogik. Jakarta: Penerbit Pustaka Dian.

Widharyanto, B. (t.t.). Pendidikan Orang Dewasa. Makalah, diakses pada tanggal 10 Februari 2025.

Zed, Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Published

2025-01-26

How to Cite

Arif Muzayin Shofwan, Dessy Farantika, & Devia Purwaningrum. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Orang Dewasa. Sujud: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 1(1), 01-11. https://ojs.indopublishing.or.id/index.php/sujud/article/view/1