Sosialisasi PHBS Melalui Komunikasi Interaktif dengan Media Gambar dan Role Play pada Anak TK ABA I Kota Palangka Raya

Authors

  • Annisa Rizki Ananda Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Author
  • Wening Mustikaningsih Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Author
  • Junaidi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/3sag1q68

Keywords:

PHBS, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan fondasi krusial bagi kualitas hidup, khususnya pada anak usia dini yang rentan terhadap penyakit infeksi. Observasi awal di TK ABA 1 Palangka Raya menunjukkan adanya permasalahan PHBS, mendorong Tim Pengabdian Masyarakat Dosen FISIPOL UMPR bersama mahasiswa KKN Angkatan 53 Tahun 2025 untuk melaksanakan sosialisasi PHBS. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan penerapan PHBS pada murid-murid TK ABA 1 melalui komunikasi interaktif. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan edukatif, dimulai dengan ice breaking untuk membangun suasana akrab. Materi inti disampaikan secara interaktif oleh dosen FISIPOL mengenai pentingnya dan cara yang benar dalam mencuci tangan serta menyikat gigi. Untuk mendukung pemahaman visual, disajikan video animasi edukatif. Puncak kegiatan adalah sesi praktik langsung mencuci tangan yang baik dan benar, dengan bimbingan personal dari tim pengabdian. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari murid-murid TK ABA 1 dan keberhasilan dalam menanamkan pemahaman serta keterampilan dasar PHBS. Pendekatan komunikasi interaktif, media visual, dan praktik langsung terbukti sangat efektif dalam mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi kebiasaan nyata pada anak usia dini. Kegiatan ini berkontribusi signifikan dalam membentuk kebiasaan hidup bersih dan sehat, yang merupakan investasi penting bagi kesehatan masyarakat di masa depan, serta dapat menjadi model implementasi pendidikan kesehatan yang inovatif bagi lembaga pendidikan anak usia dini lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darsan, D. (2024). Effectiveness of role play in improving communication competence of preschool children. Journal of Education Technology and Inovation, 7(2), 42–51. https://doi.org/10.31537/jeti.v7i2.2104

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat.

Lestarisa, T., Trinovita, E., & Toemon, A. N. (2023). Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Sekolah Dasar melalui Media Permainan Berbasis Kearifan Lokal "BAREGA” di Kelurahan Marang Kota Palangka Raya. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i4.4407

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Soetjiningsih, & Ranuh, I. G. N. G. (2015). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta: EGC.

Victoria, H. D., Anggraini, E. S., Wulan, D. S. A., Simaremare, A., & Sinaga, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Mini Teater terhadap Keterampilan Komunikasi Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Karunia Medan Johor. Harmoni Pendidikan, 1(4), 307–320. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i4.832

Vygotsky, L. S. (2016). Play and Its Role in the Mental Development of the Child. In: Cole, M., John-Steiner, V., Scribner, S., & Souberman, E. (Eds.), Mind in Society (pp. 92-104). Cambridge: Harvard University Press.

Woolfolk, A. (2016). Educational Psychology: Active Learning Edition. Boston: Pearson Education.

Wulandari, D. N., Nabilah, S., Khofifah, S. N., Prasetyo, H. I., Vevananda, C., Karim, M. H. R., Wijayanto, F. K. N., Suwandi, G. A., Purwanto, H. A. A., & Panhardyka, H. A. (2024). Edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan demo pembuatan sabun cair pada anak sekolah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 5(3), 575–580. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.21795

Published

2025-08-06

How to Cite

Annisa Rizki Ananda, Wening Mustikaningsih, & Junaidi. (2025). Sosialisasi PHBS Melalui Komunikasi Interaktif dengan Media Gambar dan Role Play pada Anak TK ABA I Kota Palangka Raya. Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 222-229. https://doi.org/10.63822/3sag1q68