Pemanfaatan Digital Marketing  dalam Pemasaran Produk Limbah Elektronik

Authors

  • Samsul Bahri Universitas Mandiri Bina Prestasi Author
  • Hanafi S. Nasution Universitas Mandiri Bina Prestasi Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/6vw2gv92

Keywords:

Limbah , Digital Marketing, Media Sosial

Abstract

Pengabdian  ini bertujuan  untuk membantu  Kelompok  Pemuda  Karang  Taruna  di  Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, dalam mengatasi masalah pemasaran produk olahan limbah elektronik. Saat ini, produk yang dihasilkan,  seperti mebel dari limbah elektronik yang diproses dengan resin, belum  optimal dipasarkan. Solusi yang ditawarkan adalah penerapan strategi digital marketing untuk meningkatkan jangkauan pasar dan penjualan  produk  kreatif  tersebut.  Program  pengabdian  ini  melibatkan  pelatihan  digital  marketing  yang mencakup pembuatan konten pemasaran dan penggunaan platform media sosial. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat  meningkatkan  penjualan  produk  kreatif,  memperluas  pasar,  dan mendukung  pengembangan  ekonomi masyarakat setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Liana, A., Sulfaidah, S., & Al Banna, M. Z. (2021). Klinik Pemasaran Digital bagi Dosen Berwirausaha. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 443-450.

Sidi, A. P., & AN, Y. (2019). Peningkatan Kinerja Pemasaran Industri Kreatif melalui Digital Marketing dan Intellectual Capital. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIEASTECH 2019) (Vol. 2, No. 1, pp. 39-46).

Sudiyono, R. N., Gazali, G., Radita, F. R., Fitri, A., Johan, M., Pebrina, E. T., ... & Hartati, R. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Usaha Kecil dan Menengah Serta Penyerahan Bantuan Teknik Bank Sampah di Bumdes Serdang Tirta Kencana. Niswantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 35-43.

Syaddam, S. (2024). WORKSHOP PENGEMBANGAN TIK: DIGITAL MARKETING PEMERINTAH DAERAH. Madiun Spoor: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 150-157.

Taufiq, M., Muhammad, T., Sarmidi, S., & Salman, N. (2024). EDUKASI, SOSIALISASI, DAN REGULASI TERHADAP IMPLEMENTASI APLIKASI DIGITAL MARKETING DIDALAM PENGELOLAAN GREEN ECONOMY (BAGI WARGA PCM TASIKMALAYA). BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 2408-2417.

Published

2025-05-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Samsul Bahri, & Hanafi S. Nasution. (2025). Pemanfaatan Digital Marketing  dalam Pemasaran Produk Limbah Elektronik. Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22-25. https://doi.org/10.63822/6vw2gv92