Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing di Kelurahan Karya Jaya II Kecamatan Kertapati Kota Palembang

Authors

  • Vivi Usmayanti Universitas Sriwijaya Author
  • Meita Rahmawati Universitas Sriwijaya Author
  • Christian Damar Sagara Sitepu Universitas Sriwijaya Author
  • Fardinant Adhitama Universitas Sriwijaya Author
  • Halia Butra Aini Universitas Sriwijaya Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/rp2tzv57

Keywords:

umkm , Digital Marketing, pelatihan, pengabdian masyarakat, transformasi bisnis

Abstract

Keterbatasan akses informasi dan teknologi menjadi salah satu kendala utama yang dihadapi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Menyikapi hal tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di TPA Karya Jaya II dengan fokus pada pelatihan penggunaan Digital Marketing bagi pelaku UMKM. Metode pelaksanaan meliputi penyuluhan, pelatihan praktis, dan pendampingan langsung terkait strategi pemasaran digital. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam memanfaatkan platform digital untuk mendukung aktivitas bisnis mereka. Peserta menunjukkan antusiasme tinggi, yang tercermin dari partisipasi aktif dan minat dalam mengimplementasikan materi pelatihan ke dalam praktik usaha. Kegiatan ini berhasil menumbuhkan rasa percaya diri pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan pasar digital. Program ini menjadi langkah awal dalam mendukung transformasi digital UMKM dan diharapkan mampu berkontribusi terhadap peningkatan omzet serta kemajuan ekonomi lokal di kawasan TPA Karya Jaya II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasan, M. (2020). Strategi Digital Marketing untuk UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(2), 45-58.

Haryadi, A., & Asmoro, P. (2020). Tantangan dan Peluang UMKM dalam Menghadapi Persaingan Pasar Global. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 17(1), 22-35.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Peattie, K., & Crane, A. (2005). Green Marketing: Legend, Myth, Farce or Prophesy? Qualitative Market Research: An International Journal, 8(4), 357-370.

Rachman, F. (2022). Sistem Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Kota Palembang: Studi Kasus di TPA Karya Jaya II. Jurnal Lingkungan dan Pembangunan, 14(3), 101-112.

Situngkir, P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing untuk UMKM di Era Digital: Studi Kasus di Jakarta. Jurnal Manajemen Pemasaran, 19(2), 39-51.

Sujana, M. (2020). Pentingnya Pengelolaan Sampah Berbasis Teknologi untuk UMKM di Indonesia. Jurnal Pengelolaan Lingkungan, 8(1), 55-67.

Sung, S. (2020). The Role of Recycling and Waste Management for Small Enterprises: A Case Study Approach. Journal of Environmental Management and Business, 10(4), 123-137.

UU No. 20 Tahun 2008. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Kementerian Koperasi dan UKM (2021). Data UMKM di Indonesia: Perkembangan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Published

2025-07-30

How to Cite

Vivi Usmayanti, Meita Rahmawati, Christian Damar Sagara Sitepu, Fardinant Adhitama, & Halia Butra Aini. (2025). Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing di Kelurahan Karya Jaya II Kecamatan Kertapati Kota Palembang. Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 200-210. https://doi.org/10.63822/rp2tzv57