Strategi Guru PAI dalam Mengelola Kelas Berdasarkan Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah 03 Medan

Authors

  • Raeny Surya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/kxy6r168

Keywords:

Guru PAI , Karakter Siswa , Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengelola kelas berdasarkan karakter siswa di SMA Muhammadiyah 03 Medan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, di mana data diperoleh melalui wawancara dan observasi terhadap guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pengelolaan kelas meliputi penetapan aturan bersama, pengelolaan waktu, penanaman nilai-nilai positif, serta pemberian keteladanan. Strategi tersebut tidak hanya berfokus pada keteraturan kelas, tetapi juga diarahkan pada pembentukan akhlak dan karakter Islami siswa. Kendala utama yang ditemukan adalah keberagaman karakter siswa dan kurangnya disiplin, namun dapat diatasi melalui pendekatan personal, komunikasi intensif, serta pemberian motivasi yang humanis. Penelitian ini memberikan implikasi penting bahwa strategi pengelolaan kelas berbasis karakter mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, efektif, serta mendukung terbentuknya peserta didik yang berilmu, berakhlak mulia, dan bertakwa. Dengan demikian, hasil penelitian di SMA Muhammadiyah 03 Medan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru PAI di sekolah lain dalam merancang strategi pengelolaan kelas yang lebih adaptif dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan siswa.

References

Agustiawan, D. (2023). Strategi Guru Pai Dalam Mengelola Kelas Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif di SDN 19 Kelas 5 Kepahiang. 1–80. http://e-theses.iaincurup.ac.id/4629/%0Ahttp://e-theses.iaincurup.ac.id/4629/1/DIMAS AGUSTIAWAN.pdf

Devi, A. N. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Profesional Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Studi Kasus Di Smp Negeri 29 Surabaya Dan Smp Negeri 20 Malang). Jurnal Al-Murabbi, 7(1), 65–76. https://doi.org/10.35891/amb.v7i1.2748

Didik, P., & Sd, D. I. (2022). Peran Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter. 2(1), 58–70.

Hidayati, F. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam ‎Membentuk Karakter Spritual Siswa. Journal Creativity, 6, 57–69. https://doi.org/10.62288/creativity.v1i1.3

Kurnia, R., & Hadi, S. (2025). Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Di SMK Muhammadiyah 02 Boja. 2(April). https://doi.org/10.62387/naafijurnalilmiahmahasiswa.v2i2.151

Muh Fauzan A Muin1, Surani2, Bambang Sampurno3, Nurlaelah4, A. B. (2025). JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Educators ’ Efforts in Forming Student Character in the Islamic Religious Education Learning Process at Al-Khairat Kolono High School , Morowali Regency Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Proses Pembelaja. 6(2), 641–651.

Mustafida, F. (2021). Multicultural Classroom Management: Strategies for Managing the Diversity of Students in Elementary Schools and Madrasah Ibtidaiyah. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 13(2), 84–96. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.11061

Nadiya. (2024). Strategi Guru PAI dalam Mengelola Kelas untuk Menghasilkan Pembelajaran yang Efektif pada Siswa Kelas VIII di SMPN 05 Semparuk. Humaniora, Sosial, Dan Bisnis, 2(9), 1174–1184.

Nurizka, R., & Rahim, A. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 189–198. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10079

Rahman , et al., 2022. (2022). Pengertian_Pendidikan_Ilmu_Pendidikan_Da. L-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahmaniar, Y., Warsah, I., & Sari, D. P. (2023). Effective Classroom Management Strategies to Improve Student Discipline and Engagement in Islamic Education Lessons at SDN 32 Rejang Lebong. Indonesian Journal for Islamic Studies, 1(2), 48–53. https://doi.org/10.58723/ijfis.v1i2.133

Ramadani, A. F. (2021). STRATEGI GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0 DI SMA N 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS No Title No Title.

Suryana, E. (2012). Manajemen Kelas Berkarakteristik Siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1, No, 1–16.

Published

2025-09-07

How to Cite

Raeny Surya. (2025). Strategi Guru PAI dalam Mengelola Kelas Berdasarkan Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah 03 Medan. Sujud: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 1(3). https://doi.org/10.63822/kxy6r168