Strategi dan Metode Menghafal Alqur’an di SDIT Baiturrahman Sepat
DOI:
https://doi.org/10.63822/8kknsd33Keywords:
Strategi, Metode, Menghafal Al-Qur’anAbstract
Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Jenis data penelitian berupa catatan lapangan, dokumentasi dan foto. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif dengan cara memilah-milah data, mengklarifikasi data, dan menginterpretasikan data yang ditemukan di lapangan sehingga lebih mudah untuk menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu: (1) Strategi menghafal Al Qur’an di SDIT Baiturrahman Sepat adalah dengan strategi pengulanagan per 1 juz, 3 juz, dan muraja’ah kelompok, pembiasaan menggunakan satu jenis mushaf, selalu memperhatikan ayat yang serupa, tidak berpindah ayat sebelum ayat yang dihafalkan benar-benar hafal, selanjutnya disetorkan kepada seorang pengampu halaqah. (2) Metode menghafal Al Qur’an di SDIT Baiturrahman Sepat adalah metode wahdah, metode sima’i, menggabung hafalan baru dengan yang lama, membuat target hafalan, semaan dengan sesama teman dan memperbanyak membaca Al Qur’an.(3) Faktor-faktor yang menjadi menghambat dan pendukung dalam menghafal Al Qur’an di SDIT Baiturrahman Sepat, (a) Faktor penghambat mengahfal Al Qur’an di SDIT Baiturrahman adalah tidak menguasai makhraj dan tajwid, jarang muraja’ah, tidak bisa membagi waktu antara sekolah dengan menghafal, rasa malas, dan kurang konsentrasi. (b) Faktor pendukung menghafal Al Qur’an di SDIT Baiturrahman adalah kesadaran diri sendiri yang meliputi cita-cita menjadi hafizh Al Qur’an dan keinginan membalas jasa orang tua serta motivasi yang meliputi dorongan orang tua dan nasihat berharga dari kepala sekolah SDIT Baiturrahman.
References
A. Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2014.
Abdul Aziz Abdul Rauf, Kiat Sukses Menjadi Hafidz Quran Da’iyah. Bandung: PT Syaamil Cipta Media, 2004.
Abdul Majid, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013. Adi Hidayat, MuslimZaman Now. Jawa Barat: Istitut Quantum Akhyar, 2018.
Ahmad Munjin Nasih & Lilik Nur Khoidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Reflika Aditama, 2013.
Ahmad Sayuti Anshari Nasution, Fonetik dan Fonologi Al-qur’an. Jakarta: Amzah, 2012.
Ahsin W Al-Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia, 2008. Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahnya, (Jawa Barat: CV Penerbit
Diponegoro, 2006.
Djam’an Satori & Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA, 2014.
Ibrahim Ibn Al Syaikh Shalih Ibn Ahmad Al Khuraishui, Pedoman Hidup Seorang Muslim, terj. W. Djunaedi. Jakarta: Pustaka Azzam, 2000.
Imam Abu Zakaria Yahya, Tarjamah Riadhus Shalihin jilid 2, Terj. Salim Bahraesy.
Bandung: PT Alma’arif, 1997.
Imam An-Nawawi, Adab dan Tata Cara Menjaga Al Qur’an. Jakarta: Pustaka Amani, 2001.
Imam An-Nawawi, Bersanding dengan Al Qur’an, Terj. Abdul Aziz. Bogor: Pustaka Ulil Albab, 2007.
Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Irfan Supandi, Agar Bacaan Al Qur’an Tak Sia-Sia. Solo: Tiga Serangkai, 2013.
Izatul Umniyah, “Strategi Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Bagi Mahasiswa (Studi Kasus di PPTQ Putri Nurul Furqon Klojen Malang). Skripsi, UIN
Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, 2018.
Kholidul Iman, “Strategi Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa (Studi Kasus di Rumah Tahfidz Daarul qur’an Putra Kepanjen Malang). Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, 2016.
Khurram Murad, Membangun Generasi Qurani, Terj. Al Yupi. Jakarta: Media Da’wah, 1999.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Melly Taqdir Qodratillah, dkk, Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian dan Kebudayaan, 2011.
Muhammad Asy’ari, Konsep Pendidikan Islam. Jakarta: Rabbani Press, 2011. Muhammad Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2011.
M. Quraish Shihab, Membumikan Al Qur’an. Bandung: Mizan, 2007.
Muhammad Utsman Najati, Psikologi dalam Al Qur’an. Bandung: CV Pustaka Setia, 2005.
Muhammad Zaidi Abdad dkk, Sukses Membaca Al Qur’an. Mataram: pusat pengembangan bahasa Institut Agama Islam Negeri, 2016.
Mukhlis, Pengantar Metodologi Studi Islam. Mataram: Lembaga Pengkajian-Publikasi Islam & Masyarakat, 2015.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2014.
Ridho Ali Al Idrus, “Efektivitas Pemebelajaran Tahfidzul Quran Di Pondok Pesantren Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat. Skripsi, UIN Mataram, Mataram, 2013.
Rendra Khaldun, Pengantar Metodologi Studi Islam. Mataram: Institut Agama Islam Negeri, 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Qoni’ah Al Munasiroh, Robi’atur Rohmah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.