Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Film Kartun Adit dan Sopo Jarwo Episode Tema Ramadhan Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.63822/py4jf497Keywords:
Nilai nilai Pendidikan Islam, film Adit Sopo Jarwo, tema RamadhanAbstract
Film Adit Sopo Jarwo episode Ramadhan mengangkat kisah-kisah di sekitar kehidupan atau kisah nyata. Penelitian ini menfokuskan pada nilai-nilai pendidikan agama Islam pada film Adit Sopo Jarwo episode Ramadhan dan relevansinya terhadap materi pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, yang menggunakan metode deskriktif kualitatif. Data yang diperoleh dari setiap dialog-dialog tokoh yang tindakanya terkait dengan nilai nilai pendidikan Islam pada film tersebut. Penelitian ini menghasilkan nilai-nilai pendidikan Islam, khususnya dalam aspek (1) akidah mencakup sesutau yang diyakini kebenaranya oleh hati nurani manusia secara mendalam dan penuh keyakinan, (2) syariat mencakup seperangkat norma ilahi yang mengatur hubungan seorang manusia dengan Allah, yang mengatur hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta, dan (3) akhlak mencakup sesuatu keadaan yang melekat dalam diri seseorang atau jiwa seseorang dan menjadi bagian dari kepribadiannya.
References
Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011),
La Ode Gusal, “Nilai-nilai pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu” Jurnal Humanika, Vol3, No.15 (desember, 2015), 3.
Save M. Dagun, Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, 801.
Syafruddin, “Orientasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum”, Lentera Pendidikan, (Desember, 2013), 232.
Qonita Alya, Kamus Bahasa Indonesia (Jakarta: PT Indah Jata Adi, 2009), 157.
M.Saiyidi Mahadhir “Pendidikan Islam Menurut Al- Gazali” Jurnal Tarbiyah Islamiyah Vol. 4 No.1 (Juni 2019), 80.
Jusuf Amir Faesal, Reoritas Pendidikan Islam (Jakarta: Gema Insani Press, 1995), 230.
Umi Rasyidah, Nilai Moral Dalam Video Animasi Adit Sopo Jarwo Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar (Tesis, Direktorat Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang Desember 2024), 25.
Lestari, “Analisis Nilai Nilai Pendidikan Islam Pada Film Adit & Sopo Jarwo” (Skripsi, IAIN Ambon,2023), 86.
Sari, Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Film pesan dakwah dalam media film anak, (Skripsi, UIN Sunan Ampel, 2021), 114.
Siti Khotijah, Mustopa Kamal “Analisis nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Film Serial Anak Upin dan Ipin Season 10”, Jurnal tarbiah al-aulad, Vol. 4, No. 1, 2019,64
Rafi Mahendra, Anggy Trisnadoli, dan Erwin Setyo Nugroho, “Implementasi Teknik Sinematografi dalam Pembuatan Film Animasi 3D Cerita Rakyat „Batu Belah Batu Bertangkap,‟” Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi 2, hlm. 2.
Faninda, L., & Malayati, R. M. M. (2025). Pesan moral film animasi “Adit Sopo Jarwo the Movie” perspektif teori perkembangan moral Lawrence Kohlberg. Spektra Komunika, 4(2), 165–177. https://doi.org/10.33752/spektra.v4i2.9036
Aisah”Nilai-nilai pendidikan Islam Dalam Novel Isra’ Mikraj cinta karya Rohmat Nurhadi Alkastani”(Skripsi STIT Sirojul Falah, Bogor 20017), 20.
Raden ahmad muhajir ansori, “Strategi Penanaman Nilai – Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik”, LP3M IAI Al-Qolam Jurnal Pustaka, Vol.4 No.2 (May 2017), 23.
Wahid ahmadi, Risalah Akhlak Panduan Prilaku Muslim Moderen (Solo:2004). 13
MD Eertainment. 2025. Tentang Kami.https://www.mdentertainment.com
Lexi j Moleong. Metodologi penelitian kualitatif (bandung: PT Remaja Rosdakarya,2009), 11.
La Ode Gusal, “Nilai-nilai pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu” Jurnal Humanika, Vol3, No.15 (desember, 2015), 3.
Siti Khotijah, Mustopa Kamal “Analisis nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Film Serial Anak Upin dan Ipin Season 10”, Jurnal tarbiah al-aulad, Vol. 4, No. 1, 2019,64
Eran Efendi, Karisma Yosiana,Dkk. Memahami Pesan Dakwah Dalam Siaran Radio dan Televisi Jurnal Of Islamic Studies. Vol. 2, No.1 (2023), 47.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Shiddiq, Mohammad Yahya Ashari , Puspa Mia Widiyaningsih (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.