Pengaruh Penerapan Program Adiwiyata Terhadap Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peduli Lingkungan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang

Authors

  • Wahyu Ilham Faruq Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Author
  • M. Yahya Ashari Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Author
  • Arifin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/qahgcg92

Keywords:

Adiwiyata, Aqidah Akhlak, Berwawasan Peduli Lingkungan

Abstract

Program Adiwiyata sebagai bagian dari upaya membentuk budaya peduli lingkungan di sekolah dinilai dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pembentukan karakter siswa, khususnya dalam aspek aqidah dan akhlak. Latar belakang penelitian ini adalah adanya beberapa siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang masih lalai terhadap peduli lingkungan saat di luar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh program Adiwiyata terhadap pembelajaran Aqidah Akhlak yang berwawasan peduli lingkungan di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan siswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Adiwiyata berdampak positif terhadap pembiasaan sikap peduli lingkungan yang selaras dengan nilai-nilai dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Program ini tidak hanya memperkuat pemahaman keagamaan siswa, tetapi juga mendorong mereka untuk mengaktualisasikan nilai-nilai tersebut dalam tindakan nyata yang ramah lingkungan di kehidupan sehari-hari. Temuan ini mengindikasikan pentingnya integrasi antara pendidikan agama dan pendidikan lingkungan dalam membentuk karakter siswa yang holistik.

 

References

Akbarul Fitra , Jerry Rahman Hakim , Ana Nurhasanah. 2023, “Implementasi Adiwiyata dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar”, Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar. 149-168. https://ejournal.upi.edu/index.php/ppd/index.

Andi Makkasau, Ahmad Syawaluddin, Sulfadly. 2023, “Pengaruh Penerapan Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV dan V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar”, Jurnal Publikasi Pendidikan. 172-193. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azra, A. 2000. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Depdiknas.

Didit Haryadi, Hendro Widodo. 2019, “Pengembangan Kurikulum Berbasis Adiwiyata Untuk Meningkatkan Kemampuan Practical Life”, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 199-220. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Kurikulum Sekolah, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Emil Salim. 2003. Pengelolaan Lingkungan Hidup, Jakarta: UI Press,

Gampu et al., 2022: “Konsep Pendidikan Berwawasan Lingkungan dalam Perspektif Islam” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 5852-5860. file:///C:/Users/USER/Downloads/3513-12260-1-PB.pdf.

Hadi, S. 2007. Metodologi Research(Terj). Jakarta: Rineka Cipta.

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H, 2008, Theories of Learning. Jakarta: Kencana.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2018. Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata .Jakarta: KLHK

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2020. Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Jakarta: KLHK.

Lickona Thomas. 2021, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (New York: Bantam Books),

Miftahul Khoir, Wawancara, Jombang, 22 April 2025.

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Yusran Rahmat, Nursalam, Nurwahida As. 2024, “Pengaruh Penerapan Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Lingkungna Siswa Di SDN Borong Kota Makassar”, Journal Of Primary Education. 106-119. https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/3636/2526.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Praseya, 2020 Pendidikan Lingkungan Indonesia Dasar Pedagogi dan Metodologi. Bandung: PT Refika Aditama.

R.S.W. Putri, E. Handoyo, Suyahmo, A. Purnomo. 2024. “Penerapan Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa, Jurnal Pendidikan IPS Indonesia”. 114-129. di https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/3636.

Rica Naudita Krisna Setioningrum, Jojok Mukono. 2020. “Implementasi Program Adiwiyata Mandiri dalam Peningkatan Partisipasi Pembelajaran Lingkungan Hidup di SMP Negeri 12 Surabaya”, Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan. 298-320. http://doi.org/10.21009/PLPB.211.04

Rinanda, S. D. 2024. Analisis Sikap Peduli Lingkungan Calon Guru Biologi di Uin Raden Intan Lampung, “disertasi”, Fakultas Ilmu Keguruan Dan Pendidikan. UIN Raden Intan, Lampung.

Rokhmah, U. N. 2019. “Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah”,. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan. 60-79. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.133

Rumini. 2022, “Pengembangan Sekolah Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa SD Negeri Cowek 1 Kecamatan Purwodadi”, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi. 115-122https://jurnalp4i.com/index.php/paedagogy/article/view/1057/1062.

Saputra, Meidi. 2022. "Pembinaan Kesadaran Lingkungan melalui Habituasi Berbasis Media Sosial Guna Menumbuhkan Kebajikan Moral terhadap Pelestarian Lingkungan". jurnal Lingkungan. 58-72. https://doi.org/10.21067/jmk.v2i1.1697,

Setyaningrum, R. 2019. Implementasi Program Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan. 30-77. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/9254.

Sukmadinata, N. S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulastri, I. 2021. Pengaruh Program Adiwiyata terhadap Perilaku Peduli Lingkungan dan Religiusitas Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 229-249. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/40816-Full_Text.pdf

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H. A. R. 2002. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trisni Handayani, Zulela MS, Chrisnaji Banindra Yudha. 2021, pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata berbasis ekopedagogik, Jurnal Pendidikan Dasar. 667-688. file:///C:/Users/USER/Downloads/25735-69597-1-PB.pdf.

Uno, H. B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yulia Indahri. 2020, “Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata (Studi di Kota Surabaya)”, Jurnal Masalah-Masalah Sosial. 223-239. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/index,

Zakiyah, L. 2020. “Integrasi Pendidikan Lingkungan dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq”. Jurnal Pendidikan Islam. 578-598. file:///C:/Users/USER/Downloads/IntegrasiPendidikanBerbasisLingkungandenganNilai-nilaiIslamUpayaMeningkatkanEtikadanLiterasilingkungan.pdf.

Published

2025-08-04

How to Cite

Wahyu Ilham Faruq, M. Yahya Ashari, & Arifin. (2025). Pengaruh Penerapan Program Adiwiyata Terhadap Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peduli Lingkungan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang. Sujud: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 1(3), 467-480. https://doi.org/10.63822/qahgcg92