Nilai Pendidikan Kesetaraan Gender Q.S An-Nisa Ayat 34 dalam Tafsir Al-Misbah dan Tafsir An-Nur

Authors

  • Imelda Aprilia Kharisma Putri Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang Author
  • Nur Ulwiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang Author
  • Mochamad Samsukadi Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/kmxyz081

Keywords:

Kesetaraan Gender, Pendidikan, Q.S An-Nisa 34, Tafsir An-Nur

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji nilai-nilai pendidikan kesetaraan gender dalam Q.S. An-Nisa: 34 dengan pendekatan tafsir tematik, berdasarkan penafsiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah dan Hasbi Ash-Shiddieqy dalam Tafsir An-Nur. Ayat ini kerap menjadi sorotan karena berkaitan dengan peran dan posisi laki-laki serta perempuan dalam keluarga, khususnya terkait konsep qiwamah (kepemimpinan laki-laki). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis isi untuk memahami makna ayat dalam konteks pendidikan kesetaraan gender. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tafsir Al-Misbah menonjolkan pendekatan kontekstual dan nilai etika sosial, sedangkan Tafsir An-Nur mengedepankan keselarasan antara teks keagamaan dan norma sosial. Kedua tafsir mengangkat nilai utama berupa kesetaraan, keadilan, dan kemanusiaan. Kepemimpinan laki-laki dipahami bukan sebagai dominasi, melainkan amanah dan tanggung jawab moral. Perempuan dipandang sebagai individu merdeka yang berhak berpikir, berpartisipasi, dan dihargai. Kedua mufasir menolak kekerasan serta menekankan pentingnya relasi keluarga yang adil dan manusiawi. Kesetaraan gender dalam ayat ini tidak menghapus peran, melainkan menekankan penghargaan terhadap tanggung jawab dan martabat masing-masing pihak dalam keluarga.

 

References

Amar, S. “Perjuangan Gender dalam Kajian Sejarah Wanita Indonesia Pada Abad XI”. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 2017: hal 106- 119. Lihat di https://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/fhs/article/view/587.

Apriliani, D. R., Mauizah, A. Z., Heriansyah, D., Utomo, S., & Chodijah, S. “Gender dalam Perspektif QS. An-Nisa Ayat 34”. Jurnal Riset Agama, 2021: hal 530- 540. Lihat dihttps://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jra/article/view/15129.

Bangun, B. H. “Hak Perempuan dan Kesetaraan Gender dalam Perspektif Filsafat Hukum”. Pandecta Research Law Journal. 2020: 74-82. Lihat di https://journal.unnes.ac.id/nju/pandecta/article/view/23895.

Faida, F., Machfudz, M., & Muhtar, N. “Pandangan Kiai terhadap Kesetaraan Gender dalam QS an-Nisa ayat 34”. Intizar. 29. 79-84. Lihat di https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/16668.

Hamid, Hendrawati. Manajemen pemberdayaan masyarakat. Makassar:Penerbit De La Macca. 2018. Lihat di http://eprints.ipdn.ac.id/5504/1/Buku%20Manajemen%20Pemberdayaan%20Masyarakat%20PDF.pdf.

Hanafi, J. “Konsep Pendidikan Gender Di Dalam Islam”. Thoriqotuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2019: hal 120- 155. Lihat di https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/thoriqotuna/article/view/123.

Hanifah, N., & Astutik, AP. “Pemikiran Amina Wadud Tentang Dakwah di Dunia Modern. Jurnal Ilmu Komunikasi Islam.2024: hal 22- 31. Lihat di https://jurnalpps.uinsa.ac.id/index.php/JICOS/issue/view/50.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2017. Lihat di https://inlislite.uinsuska.ac.id/opac/detail-opac?id=12221. Diakses pada 20 November 2024.

Luhulima. Achie Sudiarti. Cedaw: menegakkan hak asasi perempuan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2017.

Muharto, Ansandy Ambarita. Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta Deepublish. 2007 Lihat di https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=295165.

Muqoyyidin, A. W. “Wacana Kesetaraan Gender: Pemikiran Islam Kontemporer Tentang Gerakan Feminisme Islam. Al- Ulum. 2013: 490- 511.Lihat di https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/198.

Nafsi, S.. Pemikiran Gender Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah. Manthiq: Jurnal Filsafat Agama Dan Pemikiran Islam. 2016: Hal 19- 33. Diakses di https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/manthiq/article/view/303/255.

NorIchwan, M., & Amin, F. Tafsir Quraish Shihab Tentang Kesetaraan Gender dalam Tafsir Al-Misbah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2021: hal 57- 69. Lihat di https://www.academia.edu/download/94646741/Moh_Nor_Ichwan.pdf.

Nur Muhammad, H., & fitri, F. “Feminisme Dalam Al-Qur'an (Analisis Penafsiran Fatima Mernissi Surat An-Nisa Ayat 34)”. Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al Qur'an Dan Tafsir, 2021:hal 96- 107. Lihat di https://jurnal.stiqalmultazam.ac.id/index.php/muhafidz/article/view/17.

Octofrezi, P. “Sejarah Pendidikan Islam Perempuan Dari Masa Klasik, Sebelum Dan Sesudah Kemerdekaan Indonesia”. Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 2020: hal 33 - 54. Lihat di http://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/13.

Pahlevi, R., & Rahim, R. A. A. “Faktor pendukung dan tantangan menuju kesetaraan gender”. Jurnal iman dan spiritualitas. 2023: hal 259- 268. Lihat di https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jis/article/view/26766.

Qohar, A., Wakhid, A. A., & Tanjung, A. “Perbedan Qudrati dan Persamaan Hak Gender dalam Prespektif al-Quran (Studi Analisis Tafsir al-Mishbāh).Jurnal Studi Keislaman. 2023:hal 75- 108. Lihat di https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis/article/view/8234.

Rusydiana, N. R. U., & Azami, H. T. “Interpretation QS. an-Nisa’: 34 Perspectives of Amina Wadud Muhsin and The Implication of Her Thinking In Indonesia”. Jurnal Ushuluddin. 2021:hal 87- 100. Lihat di https://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/ushuludin/article/view/11931.

Samsukadi Muhammad.“Perspektif Gender Dalam Tafsir Muhammad ‘Abdul”. Maraji: Jurnal Ilmu Keislaman, 2014: hal 242-265. Lihat di https://scholar.google.com/citations?user=v5QhymUAAAAJ&hl=id&oi=sra.

Shihab Quraish Muhammad Quraish. Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. 2007

Sumar, W. W. T. Implementasi kesetaraan gender dalam bidang pendidikan. Jurnal Musawa IAIN Palu. 2015: hal 158-182. Lihat di https://www.neliti.com/publications/113902/implementasikesetaraan-gender-dalam-bidang-pendidikan.

Suwastini, N. K. A. Perkembangan feminisme barat dari abad kedelapan belas hingga postfeminisme: Sebuah Tinjauan Teoretis. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 2013. hal 198- 208. Lihat di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jish/article/view/1408

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. “Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”. Qosim: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora. 2023: hal 13- 23. Lihat di https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/49/27

Tirkantara, IM. “Kesetaraan Gender dalam Hukum: Menjembatani Kesenjangan antara Ketentuan Hukum dan Praktik Sosial. Jurnal Hukum dan Keadilan Indonesia”. 2025: 1- 11. Lihat di https://journal.pubmedia.id/index.php/lawjustice/article/view/3657/3459.

Ulwiyah, Nur, and Muktamar Rotin, "Peran Wanita dalam Memajukan Pengetahuan Agama Islam terhadap Anak". Jurnal Pendidikan Islam, 2018: 294-311. Diakses pada 17 Mei 2025, Lihat di http://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1984

UN Women. Handbook on Gender Mainstreaming for Gender Equality Results.New York: UN Women, 2022. Lihat dihttps://www.unwomen.org/sites/default/files/2022-02/Handbook-ongendermainstreaming-for-gender-equality-results-en.pdf.

Virgianita, Asra, et al. Gerakan Perempuan dan Proyeksi Kesetaraan Gender Indonesia. Jakarta: Laboratorium Indonesia. 2021. Lihat di https://img.lab45.id/images/article/2021/12/05/159/4525gerakan-perempuan-dan-proyeksi-kesetaraan-gender-indonesia-2045.pdf.

Wadud Amina. Qur’an and Woman: Rereading the Sacred Text from a Woman’s Perspective, Oxford: Oxford University Press. 1999. Lihat di https://books.google.co.id/books?id=PjeHD2soxaEC&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false. Diakses pada 17 Mei 2025.

Wahid, MA. “Corak Dan Metodologi Tafsir Alquran Al-Madjid An-Nur Karya Hasbi Ash-Shiddieqy”. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin Dan Filsafat. 2019 hal 395- 426. Lihat di https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/rsy/article/view/361. Diakses 03 Mei 2025.

Wartini, A. “Corak Penafsiran M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah. Hunafa”. Jurnal Studia Islamika . 2014: hal 109-126. Lihat di https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jsi.v11i1.343.

Wayan Suwendra. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Nilacakra. 2018.

Yeni, Huriani. Agama dan Gender: Versi Ormas Islam Perempuan di Indonesia. Bandung: Lekka. 2021. Lihat di https://digilib.uinsgd.ac.id/40528/.

Zulpiana, Z., Hamnah, H., & Maulana, M. “Penafsiran Amina Wadud Perspektif Kesetaraan Gender Terhadap Al-Qur’an Surah Al-Nisa’ayat 34. Borneo: Journal of Islamic Studies”. 2024:hal 70-84. Lihat di https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/borneo/article/view/2782.

Published

2025-08-04

How to Cite

Imelda Aprilia Kharisma Putri, Nur Ulwiyah, & Mochamad Samsukadi. (2025). Nilai Pendidikan Kesetaraan Gender Q.S An-Nisa Ayat 34 dalam Tafsir Al-Misbah dan Tafsir An-Nur. Sujud: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 1(3), 449-466. https://doi.org/10.63822/kmxyz081