Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Pembentukan Akhlak Mulia Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Corogo Janti Jogoroto Jombang

Authors

  • Ulfi Hidayatul Luthfiah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Author
  • Mukhlisin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Author
  • Abdullah Rikza Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/h9vac373

Keywords:

Implementasi, Keagamaan, Akhlak Mulia

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu fondasi utama dalam kehidupan manusia. Pendidikan mampu mengubah pola pikir individu, masyarakat, dan hubungan manusia dengan alam atau lingkungan. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui implentasi kegiatan keagamaan dalam pembentukan akhlak mulia siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Dusun Corogo Desa Janti Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Akhlak sering menjadi problem utama dalam dunia pendidikan. Nilai-nilai moral seperti kejujuran, sopan santun, kedisiplinan sudah mulai terkikis karena dipengaruhi oleh konten-konten gadget yang kurang mendidik. Konten liar tersebut sering kali lebih menarik perhatian generasi muda saat ini karena belum bisa menyerap informasi dengan baik, akibatnya hal tersebut diterapkan di sekolah dan jika dibiarkan  menjadi kebiasaan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif Kulitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian implementasi kegiatan keagamaan di MTs Mambaul Ulum Corogo Janti Jogoroto Jombang sudah cukup baik untuk dijadikan tolak ukur dalam pembentukan akhlak mulia siswa. Adapun  faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kegiatan keagamaan dalam pembentukan akhlak mulia siswa di MTs Mambaul Ulum Corogo Janti Jogooto Jombang meliputi, partisipasi aktif guru dan siswa, lingkungan madrasah yang kondusif serta peran orang tua dan komite sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain latar belakang siswa yang beragam dan pengaruh negatif dari lingkungan luar.

Author Biography

  • Ulfi Hidayatul Luthfiah, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

    Mahasiswa

References

Aminuddin, dkk. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu. hal. 97-99.

Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV Pustaka Setia. hal. 29.

Arifin, Samsul. 2018. Penanaman Karakter Islami Melalui Program Hafalan Takhasus di SD Negeri 3 Gondang Legi Kulon Tahun Ajaran 2017/2018. Rahmatan Lil Alamin Journal of Peace Education and Islamic Studies. hal 46.

Azzam, Abdul Aziz Muhammad dan Abdul Wahhab Sayyed Hawwas. 2010. Fiqh Ibadah, terj. Kamran As‟at Irsyady, dkk. Jakarta: Amzah. hal 145.

Fajrussalam, Hisny dkk. 2022. Eksplorasi Kebudayaan Tahlil dalam Petspektif Agama Islam dan Masyarakat di Indonesia. Jounal Of Islamic Studies. hal. 19.

Fitriani, Della Indah, Fitroh Hayati. 2020. Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan KemampuanMembaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. hal. 17.

Hermawan, Acep, Ulumul Qur`an. 2011. Bandung: PT Remajaa Roskadarya. hal. 11.

Maminto, Novan dkk. 2018. Implementasi Pembangunan Infrastuktur Desa dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (Studi) Desa Ongkaw II Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan. hal 3.

Maskawaih, Ibn. 1329. Kitab Tahzib al- Akhlaq wa Tahrir al- A’raq, (Mesir: al- Husainiyah al- Misriyah. hal. 25.

Munawwir, A.W. 1984. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Progressif. hal. 1580.

Mustopa. Akhlak Mulia dalam Pandangan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam. hal. 71.

Nata, Abudin. 2011. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Pres. hal. 173.

Nisa , Anis Choirun. 2022. Tradisi Istighosah Sebagai Penolak Bala Perspektif Sosiologi Pengetahuan Karl Manheim. Jurnal An-nibraas. hal. 175.

Rahman, Abd Bp, dkk. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur- Unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. hal 4.

Sarwat, Ahmad, Seri Fiqih Kehidupan (3): Shalat. 2011. Jakarta: DU Publishing. hal 32.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. hal. 15.

Tim Prima Pena, Kamus Besar Bahasa Indonesia. tt. Jakarta: Gita Media Press. hal. 307.

Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa. Hal 485.

Usman, Nurdin. 2005. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru. hal 70.

Za’tari, Alauddin Fikih Ibadah Madzhab Syafi’i. 2019. Jakarta Timur: Pustaka Al Kautsar. hal 218.

Published

2025-08-02

How to Cite

Ulfi Luthfia, U., Mukhlisin, & Abdullah Rikza. (2025). Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Pembentukan Akhlak Mulia Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Corogo Janti Jogoroto Jombang. Sujud: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 1(3), 413-423. https://doi.org/10.63822/h9vac373