Efektivitas Penerapan Takzir (Punishment) dalam Bentuk Poin Terhadap Kedisiplinan Santri di Asrama Chosyi’ah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang
DOI:
https://doi.org/10.63822/vk0w4527Keywords:
Penerapan, Takzir, Kedisiplinan, SantriAbstract
Di dalam pondok pesantren juga terdapat peraturan yang harus ditaati oleh santri, dan apabila tidak patuh maka akan mendapatkan hukuman sesuai dengan pelanggarannya. Berdasarkan pengamatan melalui observasi dan wawancara di Asrama Chosyi'ah terlihat bahwa penerapan takzir dalam mendisiplinkan santri sudah berjalan tetapi belum efektif dibuktikan dengan masih banyaknya santri yang melanggar peraturan pondok dan dikenai takzir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan sistem takzir yang sudah terbukti efektif atau belum dalam meningkatkan kedisiplinan sentri di asrama Chosyi'ah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi, berdasarkan dari hasil penelitian manajemen dibagi menjadi dua macam yakni punishment fisik dan non fisik, untuk kategori takzir terbagi menjadi 3 yakni ringan, sedang dan berat. Kedisiplinan santri di asrama cukup baik dibuktikan dengan masih banyaknya santri yang disiplin dalam menaati peraturan meskipun Terkadang ada beberapa santri yang masih melanggar aturan. Sistem takzir terbukti efektif dalam meningkatkan kedisiplinan santri di asrama Chosyi'ah. Meski pendekatan ini tidak bisa berdiri sendiri. Efektivitasnya menjadi maksimal ketika disertai dengan pendekatan edukatif, pembinaan karakter dan komunikasi yang baik antara pengasuh dan santri.
References
Abidin, Zainal. 2015. “Pengaruh Hukuman Terhadap Penanggulangan Kenakalan Remaja”. Jurnal Pendidikan. Komunikasi. Dan Pemikiran Hukum Islam. hal 99-100.
Afandi, Muhammad. 2013. Model dan Pembelajaran Metode di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.
Ali, Lukman. Et al. 1997. Kampus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Budaiwi, A. Ali. 2002. Imbalan dan Hukuman Pengaruhnya Bagi Pendidikan Anak, Jakarta: Gema Insani.
Candra, Andy. 2018. “Hubungan Perhatian Orang Tua dan Iklim Sekolah Dengan Disiplin Pada Siswa SMPN 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat”. Jurnal Psychomutiara. Medan: Universitas Medan Area. hal 6.
Gaza, Mamiq. 2012. Bijak Menghukum Siswa :Pe$doman Pendidikan Tanpa Kekerasan.
Haryono, Sugeng. 2016, “ Pengaruh Kedisiplinan Sisawa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi”. Jurnal Ilmiah Kependidikan. hal 265.
Herdiansyah. 2013. Wawancara, Observasi, dan Focus Group. Jakarta: Grafindo
Idami, Zahrotul. 2015. “Prinsip Pelimpahan Kewenangan Kepada Ulil Amri Dalam Penentuan Hukuman Ta’zir, Macamnya dan Tujuanya”. Jurnal Hukum Samudra Keadilan. tk: Universitas Syaikh Kuala. hal 21-22.
Muchtar. Heri Jauhari. 2005. Fiqih Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhammad, Syaikh bin Jamil Zainu. 2005. Seruan Kepada Pendidik dan Orang tua, Terj. Abu Hanan dan Ummu Dzakiyya. hal 167-183.
Nararya, Eggy. Ed al. 2017. “Kedisiplinan Siswa-Siswi SMA Ditinjau Dari Sholat Wajib Lima Waktu”. Jurnal Psikologi Islam. hal 136.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Rev. Ed.: Bandung.
Qoyyimah, U$swatu$n. 2024. Wawancara, Jombang.
Rohman, Fathur. 2018. “Peran Pendidik Dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah atau Madrasah”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab. hal 87.
Sa’adah, Ummi. 2017 . “Hukuman dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren”. Jurnal Pedagogik. hal 15.
Saidah, Lailatus. 2016. “Tradisi Punishment di Pondok Pesantren Roudlatul Muta’alimin Desa Datinawong, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan-Jawa Timur”. Antro Unaidot Net.
Shadily, John M. Echols dan Hasan. 1996. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta : Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Aulia Shofa, Dzikrul Hakim, Moh. Makmun (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.