Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Motivasi Hafalan Santri Tahfidzul Qur’an Asrama 4N Al-Karimah Pondok Pesantren Darul’ Ulum Jombang

Authors

  • Maulidya Rahmatya Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Author
  • Dhikrul Hakim Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Author
  • Abdullah Rikza Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/qms1fh58

Keywords:

interaksi teman sebaya, motivasi hafalan, santri, tahfidzul Qur’an

Abstract

Interaksi merupakan hubungan dua arah antar individu maupun kelompok dalam kehidupan sosial  yang dapat mempengaruhi sikap, perilaku, dan motivasi seseorang. Di lingkungan pesantren, khususnya di asrama, interaksi antar teman sebaya sangat sering terjadi, karena mereka hidup dan beraktivitas bersama di dalam satu lingkungan yang sama. Interaksi ini dapat mendorong motivasi satu sama lain, termasuk dalam hal menghafal Al-Qur’an. Motivasi merupakan dorongan dari dalam individu untuk mencapai tujuan tertentu secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap motivasi hafalan santri tahfidzul Qur’an di Asrama 4N Al-Karimah Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknih pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya tergolong sangat baik (96%) dan motivasi hafalan juga baik (83%). Dalam hasil uji regresi menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya dan motivasi hafalan, dengan nilai F hitung 0,481 dan signifikansi 0,492 (> 0,05).

References

Alfan, Robbani. 2024. Interaksi Sosial Teman Sebaya. Bandung: Karya Detra Nusantara.

Ali, Mauludi. 2013. Teknik Belajar Statistik 2. Jakarta: Alim’s Publishing.

Asiah Siti dkk. 2024. “Pengaruh Pembelajaran IPA Terhadap Kemampuan Eksperimen Siswa Pada Mata Pelajaran IPA”. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Hal. 65-78.

Asiah Siti dkk. 2023. “Impelementai Media Papan Kantong Pancasila Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ppkn Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rohmah Betek Mojoagung jombang”. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Hal. 30.

Artha Pratama, Satria & Permatasari, Rita Intan. 2021. “Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur dan Kompetensi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia”. Jurnal Ilmiah M-Progress. hal. 44.

Asrori, Ahmad. 2017. “Hubungan Kecerdasan Emosi dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial pada Siswa”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan. hal. 31.

Bachri, Bchtiar S. 2010. ”Menyatakan Valibitas Data Melalui Triagulasi Pada Penelitian Kualitatif”. Jurnal Tehnologi Pendidikan. hal. 53.

Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, Sri Utami. 2019. “Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Hafalan pada Santri di Pesantren Tahfidzul Qur’an Jawa Tengah”. Jurnal Empati. hal. 13–32.

Dika, Baday Laksana Septhian. 2021. “Pengaruh Locus of Control Internal dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. Jurnal Primatika. hal. 43.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriana, Nur. 2020. “Komunikasi Interpersonal Ustadz dan Santri dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an”. Jurnal Pendidikan Tambusai. hal. 57–62.

Hamzah B. Uno. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2019. Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada GP.

Ismail, Ahmad. 2020. “Peran Teman Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Santri dalam Hafalan Al-Qur’an”. Jurnal Al-Qur’an dan Pendidikan. hal. 45–57.

Keswara, Indra. 2017. “Pengelolaan Pembelajaran Tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Alhusein Magelang”. Jurnal Hanata. hal. 68.

Mardhiyah, Aina’ul, wawancara, Jombang, 1 Mei 2025.

Notoadmodjo,Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur, Muhammad H. 2021. “Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren”. Jurnal Pendidikan Islam. hal. 123–135.

Nurhayati, Siti. 2019. “Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Semangat Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren”. Jurnal Psikologi Pendidikan Islam. hal. 98–110.

Partowisastro. 2020. Dinamika Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Purwanto, Ngalim. 2019. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, Dewi. 2023. “Pengaruh Teman Sebaya terhadap Motivasi dan Disiplin Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. hal. 123–134.

Ramadhanti A., Fauzia. 2021. “Keterlaksanaan Pembelajaran Bola Voli secara Daring di SMA Kelas X se-Kecamatan Majalaya”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. hal. 536.

Rizki, Fajar. 2022. “Dampak Sosialisasi Teman Sebaya terhadap Pencapaian Hafalan Santri di Pesantren”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. hal. 200–212.

Rosyidi Annas Syamsur. 2024. . “Prokratinasi Santri dalam Menghafal Al-Qur’an”. Jurnal Seminar Nasional. hal. 34.

Santrock, Jhon W. 2019. Perkembangan Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. Metode Statistik. Bandung : Taristo.

Sardiman. 2000. SardimanInteraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sintik, Ibnue, dkk. 2022. “Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas pada Tingkat Kasus Pengangguran di Jawa”. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, dan Aplikasinya (Mei), Jurnal Pendidikan Guru. hal. 33.

Sugeng. 2020. “Pengaruh Kesiapan Belajar dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda”.Jurnal Primatik. hal. 73.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi Widodo. 2012. “Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian”. Jurnal Pendidikan Guru. hal. 66–80.

Syarifah, Nur Lailatus, wawancara, Jombang. 25 Oktober 2024.

Yanti, R.O. Indah. 2012. Pengaruh Kompetensi Profesionalisme Guru terhadap Minat dan Perhatian Belajar Siswa di MI Minhajul Abidin Jamil Jogoroto Jombang Tapel 2011/2012. Skripsi. UNDAR Jombang.

Zulfikar Alfian. 2024. “Model Pembelajaran Kolaboratif pada Program Tahfidzul Qur’an Untuk Meningkatkan Motivasi Hafalan Santri”. Jurnal Primatika. hal. 47.

Published

2025-07-18

How to Cite

Maulidya Rahmatya, Dhikrul Hakim, & Abdullah Rikza. (2025). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Motivasi Hafalan Santri Tahfidzul Qur’an Asrama 4N Al-Karimah Pondok Pesantren Darul’ Ulum Jombang. Sujud: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 1(3), 317-330. https://doi.org/10.63822/qms1fh58