Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Film “Tuhan Izinkan Aku Berdosa” Karya Hanung Btamantyo

Authors

  • Muhammad Ibnu Alwan Khoirul Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Author
  • M. Yahya Ashari Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Author
  • Moh. Makmun Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/cb2ep162

Keywords:

Nilai Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Karya Hanung Bramantyo mengangkat kisah-kisah di sekitar kehidupan atau kisah nyata. Penelitian ini menfokuskan pada nilai-nilai pendidikan agama Islam pada film tuhan izinkan aku berdosa karya Hanung Bramantyo dan relevansinya  terhadap materi pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, yang menggunakan metode deskriktif kualitatif.  Dan data yang diperoleh dari setiap dialog-dialog tokoh yang tindakanya terkait dengan nilai nilai pendidikan Islam pada film tersebut. Penelitian  ini menghasilkan nilai-nilai pendidikan Islam, khususnya dalam aspek (1) akidah mencakup sesutau yang diyakini kebenaranya oleh hati nurani manusia secara mendalam dan penuh keyakinan, (2) syariat mencakup seperangkat norma ilahi yang mengatur hubungan seorang manusia dengan Allah, yang mengatur hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta, dan (3) akhlak mencakup sesuatu keadaan yang melekat dalam diri seseorang atau jiwa seseorang dan menjadi bagian dari kepribadiannya.

References

Abdullah, Mulyana. 2018. “Meladani Sifat-Sifat Malaikat Allah Aebagai Bentuk Mengimani Adanya Malaikat” Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim. hal. 149.

Aisah. 2017. Nilai-nilai pendidikan Islam Dalam Novel Isra’ Mikraj cinta karya Rohmat Nurhadi Alkastani “Skripsi”. STIT Sirojul Falah Bogor.

Al-Atsari, Abdullah bin Abdil hamid. 2005. Panduan Akidah Lengkap. Bogor: Pustaka Ibnu Katsir.

Alya, Qonita. 2009. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indah Jata Adi.

Ansori, Raden ahmad muhajir. 2017. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik”. LP3M IAI Al-Qolam Jurnal Pustaka. hal. 23.

Arifin, Shokhibul. 2022. “Nilai-Nilai Pendidikan Yang Terkandung Dalam Iman Kepada Hari Akhir”. Jurnal Mas Mansyur. hal. 25.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosesur penelitian. Yokyakarta: Reneka Cipta

As-said, Muhammad. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Yokyakarta: Mitra Pustaka.

Atin, Mery Misri. 2018.“Nilai Akidah dalam Novel Ayat-Ayat Cinta 2 Karya Habiburrahman El Shirazy”. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. hal. 247.

Azam, Nadia. 2021. “Penunggang Agama Lahir Dari Pengalaman Sebenarnya Syafiq Yusof”, Malaysiakini_Hiburan. hal. 1.

Azhari, Jarnawi. 2020. “implementasi Prinsip Yakin Pada Rukun Iman dalam Konseling Islam”. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Konseling dan Pisikotrapi Islam. hal. 257.

Azizah, Nurul. 2019 “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Hadist-Hdist Akikah” Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim. hal. 85.

Ahmadi Wahid, Risalah Akhlak Panduan Prilaku Muslim Moderen (Solo:2004).13

B. Miles, Matthew dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data kualitatif (Terj) Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia press.

Bakker, Anto dan Achamad Charris Zubair. 1990. Metolgi Penelitian Filsafat. Yokyakarta: Kanisus. Biran, Misbach Yusa. 2009. Sejarah Filmak. Jakarta: Pustaka Jaya.

Dagun, Save M. 2020. Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara.

Darmodihajo, Darji dan Shidarta. 1995. Pokok-pokok Filsafat Hukum. Surabaya: Gramedia Pustaka Utama.

Ftriani. 2020. Analisis Nilai Nilai Pendidikan Islam Pada Film Horor Munafik 1 Karya Syamsul Yusof. “Skripsi”. IAIN Ambon.

Gusal, La Ode. 2015. “Nilai-nilai pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu Jurnal Humanika.

Haq, Anwarul. 1998. Jalan Menuju Surga. bandung: zaman wancana mulai.

Jailani, hammad. 2020. “Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Upin dan Ipin” jurnal of Islam Edocation. hal. 1-20.

Moleong, Lexi j. 2009. Metodologi penelitian kualitatif. bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muliawan, Jasa. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yokyakarta: penerbit Gava Media.

Nanda, Alfin Syahri dan Alfurqan. 2021. “Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Kartun Nussa Dan Rara”. Jurnal Pendidikan Islam. hal. 490-499.

Nugroho, Ischak Suryo. 2016. “Pembentukan Karakter di Era Globalisasi Melalui Akualisasi Iman Kepada Nabi”. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. hal. 295.

Nurdian, Fera. 2021. Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Film Ajari Aku Islam. “Skripsi”. UIN Sunan Ampel.

Satrianawati. 2018. Media Dan Sumber Belajar. Yoyakarta: Budi Utama.

Supriatini dan Surismiati. 2018. “Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Kartun Nussa Dan Rara”. Jurnal Bindro Sastra. hal. 208-217.

Al-Quran dan Terjemah. 2004. Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Karya Jabal. Bandung. Karya Jabal.

Dini Ulya Fitriani. 2022 “Pengembangan Religiusitas Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hadiqotul Afham Dusun Peresak”Jural Pendidikan Islam Anak Usia Dini. hal. 32

Eran Efendi Karisma Yosiana,Dkk. 2023. “Memahami Pesan Dakwah Dalam Siaran Radio dan Televisi” Jurnal Of Islamic Studies. hlm. 47

Nurul Indana, Noor Fatikah, Amina Ba’dho. 2020”Nilai Nilai Pendidikan Islam Analisis Buku Misteri Nabi Nuh Karya Yosep Rafiq” Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam. hlm. 114.

Luqman Hakim. 2022 “Menguatkan Iman kepada Allah SWT sebagai atas pendidikan Akidah Islam” Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam. hlm. 94

Dwi Runjani Juwita. 2016. “Pemberlakuan Hukum Syariat Bagi Warga Non Muslim Di Daerah Nangroe Aceh Darussalam” Jurnal Studi Agama. hlm. 25

Syamsaria. 2023. “Kedudukan fitnah sebagai penghalang kewarisan menurut hukum Islam”Jurnal Ilmiah Multi di siplin. hlm. 2181

Hasiah. 2017. “Syirik dalam Prespektif Al-Quran” jurnal yurisprudenita.

M Arif Khoiruddin. 2016.“Peran Tasawuf dalam kehidupan Masyarakat Moderen” Jurnal pemikiran KeIslaman. hlm. 120.

Published

2025-07-11

How to Cite

Muhammad Ibnu Alwan Khoirul, M. Yahya Ashari, & Moh. Makmun. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Film “Tuhan Izinkan Aku Berdosa” Karya Hanung Btamantyo. Sujud: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 1(3), 262-281. https://doi.org/10.63822/cb2ep162