Strategi Pemasaran dan Sumber Daya Manusia pada Komunitas Bakery di Surabaya: Studi Kasus Februari-Juni 2025

Authors

  • Rafly Mardiansyah Universitas Airlangga Author
  • Syabrina Maulidiah Universitas Airlangga Author
  • Austrarizky Fabrian Putra Ratmonohadi Universitas Airlangga Author
  • Dian Budiono Universitas Airlangga Author
  • Aryanti Devina Tamalo Universitas Airlangga Author
  • Adinda Noor Azizah Universitas Airlangga Author
  • Muhammad Amirul Ihsan Universitas Airlangga Author
  • Tri Siwi Agustina Universitas Airlangga Author
  • John Hardi Universitas Airlangga Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/y8hwkm64

Keywords:

umkm, komunitas bakery, pemasaran, manajemen sdm, studi kasus

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Komunitas Bakery, sebuah usaha bakery premium yang didirikan oleh pasangan suami istri di Surabaya sejak tahun 2022, menjadi salah satu contoh UMKM dengan potensi pengembangan yang signifikan. Meskipun telah memiliki pasar loyal, Komunitas Bakery masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan brand awareness, efisiensi operasional, serta strategi pemasaran yang terstruktur. Penelitian ini menggunakan metode 5W1H dan praktik lapangan melalui observasi langsung serta wawancara mendalam dengan pemilik usaha untuk mengidentifikasi permasalahan dan merumuskan solusi. Pendampingan difokuskan pada penguatan saluran distribusi (khususnya B2B), pengembangan program loyalitas, penciptaan merchandise, serta optimalisasi manajemen sumber daya manusia melalui sistem penjadwalan dan SOP. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kolaborasi B2B dengan kafe di Surabaya dan Pandaan memberikan peluang perluasan pasar yang menjanjikan. Sementara itu, program loyalitas dan diskon berbasis segmentasi konsumen (mahasiswa dan pembeli malam hari) mampu mendorong peningkatan penjualan dan keterikatan pelanggan. Penggunaan merchandise (tumbler dan totebag) turut memperkuat identitas merek sekaligus mendukung prinsip konsumsi bertanggung jawab. Temuan ini memperlihatkan bahwa integrasi strategi pemasaran dan pengelolaan SDM yang tepat dapat menjadi kunci keberhasilan pengembangan UMKM berbasis kuliner premium seperti Komunitas Bakery.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik, 2021. Economic Growth of Surabaya Municipality 2020. URL: https://surabayakota.bps.go.id/en/pressrelease/2021/03/18/236/economic-growth-of-surabaya- municipality-2020.html. [31 Mei 2025]

United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific, 2020. Surabaya Profile.

https://www.unescap.org/sites/default/files/Closing%20the%20Loop%20-%20Surabaya%20C ity%20Profile.pdf. [31 Mei 2025]

Fajarlestari, M.K., dan Hardiyanti, M. (2024). Sistem Penjadwalan Karyawan dengan Algoritma Genetika. Jurnal Buana Informatika, Volume 15, Nomor 2 : 142-152. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jbi/article/view/9850

Sishadiyati., Christina., Hariyati, T., dan Sukma, D. (2023). Mapping the Potential of the Economic Sector in Surabaya and Jayapura. Journal of Economics Finance and Management Studies, 06 (03). http://dx.doi.org/10.47191/jefms/v6-i3-39

Rahmania, H., Pratama, F. P., Febriyana, A. N., Prayuda, R., Nabila, Z., & Rahmantya, Y. E. K. (2023). Menciptakan Strategi Inovatif dan Kreatif Bagi UMKM: Observasi Pada Usaha "Coffee Satu". Digibe: Digital Business and Entrepreneurship Journal, 2(1), 27-33. https://doi.org/10.25134/digibe.v2i1.17

Lesmana, N., & Prajarini, D. 2024. Perancangan Merchandise dan Desain Kemasan "E Space Coffee" di Cirebon Sebagai Sarana Promosi dan Penguat Identitas. Skripsi Thesis. Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia.

Published

2025-06-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

Rafly Mardiansyah, Syabrina Maulidiah, Austrarizky Fabrian Putra Ratmonohadi, Dian Budiono, Aryanti Devina Tamalo, Adinda Noor Azizah, Muhammad Amirul Ihsan, Tri Siwi Agustina, & John Hardi. (2025). Strategi Pemasaran dan Sumber Daya Manusia pada Komunitas Bakery di Surabaya: Studi Kasus Februari-Juni 2025. Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 48-58. https://doi.org/10.63822/y8hwkm64