Strategi Pemasaran dan Sumber Daya Manusia pada Komunitas Bakery di Surabaya: Studi Kasus Februari-Juni 2025
DOI:
https://doi.org/10.63822/y8hwkm64Keywords:
umkm, komunitas bakery, pemasaran, manajemen sdm, studi kasusAbstract
Usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Komunitas Bakery, sebuah usaha bakery premium yang didirikan oleh pasangan suami istri di Surabaya sejak tahun 2022, menjadi salah satu contoh UMKM dengan potensi pengembangan yang signifikan. Meskipun telah memiliki pasar loyal, Komunitas Bakery masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan brand awareness, efisiensi operasional, serta strategi pemasaran yang terstruktur. Penelitian ini menggunakan metode 5W1H dan praktik lapangan melalui observasi langsung serta wawancara mendalam dengan pemilik usaha untuk mengidentifikasi permasalahan dan merumuskan solusi. Pendampingan difokuskan pada penguatan saluran distribusi (khususnya B2B), pengembangan program loyalitas, penciptaan merchandise, serta optimalisasi manajemen sumber daya manusia melalui sistem penjadwalan dan SOP. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kolaborasi B2B dengan kafe di Surabaya dan Pandaan memberikan peluang perluasan pasar yang menjanjikan. Sementara itu, program loyalitas dan diskon berbasis segmentasi konsumen (mahasiswa dan pembeli malam hari) mampu mendorong peningkatan penjualan dan keterikatan pelanggan. Penggunaan merchandise (tumbler dan totebag) turut memperkuat identitas merek sekaligus mendukung prinsip konsumsi bertanggung jawab. Temuan ini memperlihatkan bahwa integrasi strategi pemasaran dan pengelolaan SDM yang tepat dapat menjadi kunci keberhasilan pengembangan UMKM berbasis kuliner premium seperti Komunitas Bakery.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik, 2021. Economic Growth of Surabaya Municipality 2020. URL: https://surabayakota.bps.go.id/en/pressrelease/2021/03/18/236/economic-growth-of-surabaya- municipality-2020.html. [31 Mei 2025]
United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific, 2020. Surabaya Profile.
https://www.unescap.org/sites/default/files/Closing%20the%20Loop%20-%20Surabaya%20C ity%20Profile.pdf. [31 Mei 2025]
Fajarlestari, M.K., dan Hardiyanti, M. (2024). Sistem Penjadwalan Karyawan dengan Algoritma Genetika. Jurnal Buana Informatika, Volume 15, Nomor 2 : 142-152. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jbi/article/view/9850
Sishadiyati., Christina., Hariyati, T., dan Sukma, D. (2023). Mapping the Potential of the Economic Sector in Surabaya and Jayapura. Journal of Economics Finance and Management Studies, 06 (03). http://dx.doi.org/10.47191/jefms/v6-i3-39
Rahmania, H., Pratama, F. P., Febriyana, A. N., Prayuda, R., Nabila, Z., & Rahmantya, Y. E. K. (2023). Menciptakan Strategi Inovatif dan Kreatif Bagi UMKM: Observasi Pada Usaha "Coffee Satu". Digibe: Digital Business and Entrepreneurship Journal, 2(1), 27-33. https://doi.org/10.25134/digibe.v2i1.17
Lesmana, N., & Prajarini, D. 2024. Perancangan Merchandise dan Desain Kemasan "E Space Coffee" di Cirebon Sebagai Sarana Promosi dan Penguat Identitas. Skripsi Thesis. Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rafly Mardiansyah, Syabrina Maulidiah, Austrarizky Fabrian Putra Ratmonohadi, Dian Budiono, Aryanti Devina Tamalo, Adinda Noor Azizah, Muhammad Amirul Ihsan, Tri Siwi Agustina, John Hardi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.