Penggunaan Metode Membaca Menulis Menghitung untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa  Kelas 1 dan 2 SD

Authors

  • Alidin Universitas Alma Ata Yogyakarta Author
  • Syahril Mubarak Universitas Alma Ata Yogyakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/k0kd1h52

Keywords:

Membaca, Menulis, Berhitung, Siswa SD, Hasil Belajar

Abstract

Pengabdian ini difokuskan pada peserta didik kelas rendah (1 dan 2) di SD Negeri Randusari. Pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan deskriptif dengan menggunakan Metode kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh melalui observasi dan evaluasi bersama wali kelas dan peserta didik di SD Negeri Randusari menunjukkan bahwa kemampuan belajar peserta didik dalam membaca, menulis, dan berhitung (calistung) dapat digolongkan cukup baik. Adapun data yang diperoleh dari peserta didik kelas 1 dan 2 pada Sekolah Dasar menunjukkan bahwa di SD Negeri Randusari terdapat beberapa peserta didik yang belum menguasai belajar calistung. Minimnya Prestasi belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah kurangnya efektivitas literasi dan pembelajaran calistung. Dengan terlaksananya kegiatan ini kami berharap dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik terkhususnya untuk mereka yang belum paham dan belum mengetahui sebelumnya tentang calistung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mariantini, L., Wibawa, I. M. C., & Suarjana, I. M. (2022). Media Buku Pintar Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Dasar Siswa Kelas I Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 550-558.

Purwati, S. (2018). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Suara Guru, 4(1), 173-187.

Rahmatunnisa, S., Mutjaba, I., Suciati, A., Lailatussaidah, L., & Rufaidah, R. (2022, October). Pengembangan Media Roda Putar Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung (Membaca, Menulis dan Berhitung) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 1 SDN Margahayu XIX. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Sai’dah, N., Afisa, Z. R., & Setiawaty, R. (2022, August). Kultur Literasi Numerasi Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVdi SDN Luwang 01. In Seminar Nasional Lppm Ummat (Vol. 1, pp. 201-209).

Zakaria, Z., Agustina, Y., Daud, M., Hamid, A., & Sufriadi, D. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-5.

Published

2025-05-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

Alidin, & Syahril Mubarak. (2025). Penggunaan Metode Membaca Menulis Menghitung untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa  Kelas 1 dan 2 SD. Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17-21. https://doi.org/10.63822/k0kd1h52