Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM  dengan Metode ABCD

Authors

  • Aji Kusuma INISNU Temanggung Author
  • In’am Roghibi INISNU Temanggung Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/e9npsr65

Keywords:

UMKM

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM kerajinan tangan dengan memanfaatkan teknologi digital. Terdapat UMKM kerajinan tangan yang mengalami kesulitan dalam memasarkan produk mereka secara efektif di pasar yang semakin berkembang secara digital. Oleh karena itu, pengabdian ini difokuskan pada tiga langkah utama, yaitu pembuatan e-katalog untuk menampilkan produk secara lengkap dan menarik, desain logo untuk memperkuat identitas UMKM, serta pemaksimalan penggunaan digital marketing, termasuk pemanfaatan media sosial dan platform e-commerce. Metode pengabdian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode Asset-Based Community Development (ABCD).  Hasil dari pengabdian ini adalah tersusunnya e-katalog yang memudahkan calon konsumen dalam melihat dan memilih produk, terbentuknya logo yang representatif bagi UMKM, dan pelaksanaan strategi pemasaran digital yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan pasar. Dengan demikian, diharapkan UMKM kerajinan tangan dapat lebih dikenal, memperoleh peluang pasar yang lebih luas, dan meningkatkan penjualan produk secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Aji Kusuma, INISNU Temanggung

    INISNU Temanggung, Kabupaten Temanggung, Indonesia

  • In’am Roghibi, INISNU Temanggung

    INISNU Temanggung, Kabupaten Temanggung, Indonesia

References

Agustina, Tri, Siswanto Santoso, dan Mukson Mukson. “Kontribusi Usahatani Tembakau terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani di Desa Katekan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung.” Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 5, no. 3 (1 Juli 2021): 819–27. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.03.19.

Azhad, M N, dan M A Rais. “Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Kerajinan Tangan Di Desa Sidomulyo–Kec. Silo-Jember.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri … 1, no. 2 (2023): 1–10. https://www.mand-ycmm.org/index.php/jpmm/article/view/582%0Ahttps://www.mand-ycmm.org/index.php/jpmm/article/download/582/627.

Baker, M., dan E. Nelson. “Brand Identity and the Role of Logo Design in Consumer Perception.” Journal of Marketing Research 41(4) (2019): 17–23.

Chua, C., dan S Banerjee. “Digital Catalogs: A Tool for Business Growth.” Journal of Digital Marketing and Customer Experience 18(2) (2020): 45–59.

Irawan Yuswono, Anis Turmudhi, Yuyun Ristianawati, Mirna Dyah Pratitorini, Noor Salim. “Digital Marketing Sebagai Pengungkit Kinerja UMKM Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi 3, no. 2 (2024): 82–88.

Irianto, Wahyu Sakti Gunawan, Triyanna Widiyaningtyas, Sujito Sujito, Muhammad Afnan Habibi, Abdullah Iskandar Syah, Afif Abdul Hadi, dan Ahmad Fuadi. “Digitalisasi Produk UMKM Berbasis E-Katalog untuk Meningkatkan Komersialisasi Pemasaran di Lingkungan Komunitas UMKM PADUKA.” Bulletin of Community Engagement 3, no. 2 (2023): 153. https://doi.org/10.51278/bce.v3i2.826.

Iskandar, Joko, Yayak Kartika Sari, dan Ahmad Fathurrohim. “Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM di Desa Rejotangan Kabupaten Tulungagung.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 1, no. 8 (9 Oktober 2023): 1417–24. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i8.373.

Kotler, P., dan K. L Keller. Marketing Management. 15 th. Pearson, 2016.

Nurdiyanah, Rika Dwi Ayu Parmitasari, Irvan Muliyadi, Serliah Nur, dan Nadyah Haruna. Panduan Pelatihan Dasar Asset Based Community-driven Development (ABCD). Makassar: Nur Khairunnisa, 2016.

Ramadhani, Awwallin Putri. “Analisis Pengetahuan Pelaku UMKM Terhadap Digital Marketing.” NCOINS: National Conference Of Islamic Natural … 20 (2021): 23–34. http://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/view/56%0Ahttp://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/download/56/23.

Sanjaya, M., dan H. Anwar. “Pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia.",.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 6(1) (2020): 23–32.

Schiffman, L. G., dan L. L Kanuk. Consumer Behavior. 10th ed. Pearson Prentice Hall, 2014.

Setyawan, Wawan Herry, Mansur, Betty Rahayu, Siti Maryam, Aslichah, Khoiruddin, dan Humaidah Muafiqie. Asset Based Community Development (ABCD). Transforming Society, 2018. https://doi.org/10.4324/9781315205755-17.

Tomer, M., S. Srivastava, dan A. Bhattacharya. “Local Business Discoverability and Growth via Google Maps. ,.” International Journal of Geo-Information Technology 6(3) (2021): 132–44.

Wahyudi, A. “Pemanfaatan Platform Digital dalam Pemasaran UMKM Kerajinan Tangan.” Jurnal Pemasaran Digital 5(2) (2020): 102–13.

Published

2025-05-07

Issue

Section

Articles

How to Cite

Aji Kusuma, & In’am Roghibi. (2025). Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM  dengan Metode ABCD. Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 01-06. https://doi.org/10.63822/e9npsr65